Karya Tulis Ilmiah



PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KEAMANAN MAKANAN JAJANAN SEBELUM DAN SETELAH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUNULREJO 02 KOTA MALANG

Prodi : PROGRAM STUDI DIPLOMA IV GIZI
Pengarang : SRI IDHA UTAMININGTYAS
Dosen Pembimbing : Ir. AAG. Anom Aswin, MPS, Tapriyadi, SKM, M.Pd
Klasifikasi/Subjek : , tingkat pengetahuan,keamanan makanan jajanan,media permainan ular tangga
Penerbitan : , Malang: 2016.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

SRI IDHA UTAMININGTYAS, 2016. Perbedaan Tingkat Pengetahuan Keamanan Makanan Jajanan Sebelum dan Setelah Penyuluhan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Bunulrejo Kota Malang. Pembimbing : AAG Anom Aswin dan Tapriadi. Pengetahuan keamanan makanan jajanan diperlukan siswa supaya mereka dapat memilih mana makanan yang baik untuk dikonsumsi. Maka untuk mencapai tahapan perubahan pengetahuan perlu dilakukan intervensi yaitu dengan pemberian pendidikan gizi untuk anak sekolah dasar . Salah satu cara pemberian pendidikan gizi adalah dengan menggunakan media permainan ular tangga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan tentang keamanan makanan jajanan sebelum dan setelah penyuluhan menggunakan media permainan ular tangga pada siswa kelas IV SD Negeri Bunulrejo 02 Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain One group pre-test post-test. Penelitian dilakukan pada bulan April 2016. Hasil penelitian ini adalah tingkat pengetahuan tentang keamanan makanan jajanan siswa kelas IV SDN Bunulrejo 02 Kota Malang sebelum dilakukan penyuluhan menggunakan media permainan ular tangga dalam kategori baik yaitu sebanyak 27 orang (93,1%) dan kurang yaitu sebanyak 2 orang (6,9%). Tingkat pengetahuan tentang keamanan makanan jajanan siswa kelas IV SDN Bunulrejo 02 Kota Malang setelah dilakukan penyuluhan menggunakan media permainan ular tangga dalam kategori baik yaitu sebanyak 29 orang (100%). Tingkat kelayakan media permainan ular tangga adalah 96,5%. Terdapat perbedaan yang bermakna pada tingkat pengetahuan siswa setelah penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan siswa sebelum penyuluhan pada α = 0,05. Mengingat bahwa penyuluhan telah bisa memberi perubahan pada tingkat pengetahuan secara bermakna dan siswa mau mengaplikasikannya maka diharapkan pihak sekolah dapat mengaplikasikan media ular tangga ini ke kelas yang lain. Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Keamanan Makanan Jajanan, Media Permainan Ular Tangga



Lampiran