Kementrian Kesehatan Republik Indonesia di Kota Malang memiliki Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Dalam sejarahnya, Poltekkes ini merupakan gabungan dari beberapa Akademi Kesehatan di Jawa Timur.


Poltekkes Kemenkes Malang didirikan pada 20 November 2001. Dibentuknya Poltekkes ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (SK Menkes RI) Nomor: 1207/Menkes/SK/X/2001.


Berdirinya Poltekkes Kemenkes Malang ini melekat dengan berdirinya Perpustakaan. Sebelumnya, perpustakaan Poltekkes Kemenkes Malang berada di masing-masing jurusan, yaitu Gizi, Keperawatan, dan Kebidanan. Perpustakaan Gizi dan Keperawatan saat itu menempati Gedung B sedangkan perpustakaan kebidanan berlokasi di Gedung Kebidanan. Sejak Bulan Oktober 2008, Perpustakaan Kebidanan ikut bergabung dengan Perpustakaan Gizi dan Keperawatan lalu berganti nama menjadi Perpustakaan Terpadu sampai sekarang. Kami juga memiliki perpustakaan di kampus daerah, yaitu Kampus 1 Jember, Kampus 2 Lawang, Kampus 3 Blitar, Kampus 4 Kediri, Kampus 5 Trenggalek dan Kampus 6 Ponorogo.