Repository Karya Dosen



ANALISIS PESAN PADA MEDIA POSTER SEBAGAI TOLOK UKUR PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG

Kumpulan : Jurnal Ilmiah (Non-Kategori) [Indonesia]
Edisi/Volume : ,
Pengarang : SUGENG IWAN SETYOBUDI, S.TP., MKes, HASAN ARONI, SKM, MPH, YOHANES KRISTIANTO, MFT
Klasifikasi/Subjek : ,
Penerbitan : Poltekkes Kemenkes Malang, Malang: 2015.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-25-A-
Jumlah : 1

Abstraksi

ABSTRAK Sugeng Iwan S, Hasan Aroni, Yohanes Kristianto, 2015. Analisis Pesan Pada Media Poster Sebagai Tolok Ukur Pemahaman Masyarakat Terhadap Pedoman Umum Gizi Seimbang. Kegiatan pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif saat ini semakin gencar dilakukan oleh Kementerian Kesehatan. Tujuan dari penelitian ini dalam jangka panjang adalah untuk meningkatkan strategi-strategi di bidang promosi gizi dan kesehatan yang berkaitan dengan penyebarluasan/sosialisasi informasi gizi dan kesehatan dalam hal ini Pedoman Umum Gizi Seimbang. Target khusus yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui sampai seberapa jauh tingkat pemahaman masyarakat berkaitan dengan pesan-pesan gizi dan kesehatan pada Pedoman Umum Gizi Seimbang yang mulai disosialisasikan pada tahun 1992 pasca Konggres Gizi Internasional di Roma. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan membandingkan kesesuaian pesan pada poster yang berasal dari masyarakat dengan pesan-pesan yang ada pada buku Pedoman Umum Gizi Seimbang untuk mengetahui pemahaman masyarakat terkait dengan pesan-pesan pada Pedoman Umum Gizi Seimbang. Poster yang terkumpul dan memenuhi syarat berjumlah sebanyak 140 buah berasal dari 7 provinsi di Indonesia, 90,2% berasal dari 19 kabupaten di provinsi Jawa Timur. Poster yang terbanyak dengan topik pesan pertama dari Pedoman Umum Gizi Seimbang yaitu berkaitan dengan pesan “Makanlah Aneka Ragam Makanan” sebanyak 36,43%. Sedangkan untuk pesan ke-2, ke-5, ke-10 dan ke-11 tidak ada media poster yang terkumpul. Jumlah makna pesan pada berkisar antaran 2 – 8 makna pesan dengan rata-rata 2,85. Poster Pesan yang paling banyak mempunyai variasi makna adalah pada pesan ke-1 yaitu Makanlah Aneka Ragam Makanan. Variasi makna pesan yang ada untuk pesan ke-1 sebanyak 8 makna pesan, sebagian besar berisi ajakan untuk mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayur. Hal ini mencerminkan perhatian masyarakat yang cukup besar terhadap pentingnya konsumsi buah dan sayur. Dari 140 media poster yang terkumpul, 72 media poster (51,43%) mempunyai makna pesan yang tidak sesuai dengan Pedoman Umum Gizi Seimbang. Pada pesan ke-1 menunjukkan makna pesan aneka ragam pada poster lebih banyak menonjolkan pada anjuran mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayur saja. Makna pesan ke-3 pada poster yang mengajak untuk membatasi makanan manis, asin dan berlemak kurang sesuai dengan Pedoman Umum Gizi Seimbang. Makna pesan yang ke-4 pada media poster tentang ajakan agar jangan terlalu banyak mengkonsumsi garam, kurang sesuai karena kurang operasional. Ketidak sesuaian makna pesan ke-7 karena tidak menyebutkan tentang manfaat sarapan. Sementara pada pesan ke-12 ketidaksesuaian makna pesan pada poster terjadi karena ketidakjelasan anjuran seperti : marilah membaca kemasan dalam makanan, teliti sebelum membeli dan mengkonsumsi, lihat label sebelum membeli makanan. Ketidaksesuaian pesan terjadi karena pemahaman masyarakat yang salah, bahasa yang tidak sesuai dengan bahasa masyarakat, bahasa terkesan masih terlalu ilmiah. Sehingga dirasakan perlu mentranformasikan pesan-pesan



Lampiran

File Abstraksi : [ Unduh ]