Repository Karya Dosen



PENGEMBANGAN MODUL EDUKASI HIPERTENSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENCEGAHAN RISIKO HIPERTENSI DI KELURAHAN MOJOLANGU LOWOKWARU KOTA MALANG

Laporan Akhir Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi
Kumpulan : Jurnal Ilmiah (Non-Kategori) [Indonesia]
Edisi/Volume : ,
Pengarang : Tavip Dwi Wahyuni, S.Kep, Ns, M.Kes
Klasifikasi/Subjek : ,
Penerbitan : Poltekkes Malang, Malang: 2019.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-25-A-
Jumlah : 1

Abstraksi

ABSTRAK “Pengembangan Modul Edukasi Hipertensi Dan Pengaruhnya Terhadap Pencegahan Risiko Hipertensi di Mojolangu Kota Malang” Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi Poltekkes Kemenkes Malang 2019. Peneliti Utama : Tavip Dwi Wahyuni, S.Kep, Ns, M.Kes. Penyakit hipertensi adalah penyakit yang timbul akibat adanya interaksi dari berbagai faktor risiko yaitu: umur, jenis kelamin, obesitas, alkohol, genetik, stres, asupan garam, merokok, pola aktivitas fisik, penyakit ginjal dan diabetes melitus. Pada penalataksanaan non farmakologi, penderita diharapkan rajin melakukan kegiatan yang dapat menunjang perubahan gaya hidup, aktifitas olah raga dan menghindari stress psikologis. Pada penelitian ini dilakukan dengan cara menyusun Modul Edukasi Hipertensi dan melakukan edukasi kepada penderita hipertensi menggunakan modul edukasi hipertensi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis Pengaruh Modul Edukasi Hipertensi di Kelurahan Mojolangu Kota Malang. Desain penelitian ini adalah Quasy Eksperimental menggunakan pretest – posttest nonequivalent control group. Jumlah Sampel sebanyak 80 penderita hipertensi dan dibagi dalam 3 kelompok perlakuan dan 1 kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Variabel independen adalah Modul Edukasi Hipertensi dan Variabel dependen adalah risiko terjadinya penyakit hipertensi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan edukasi dengan instrumen berupa lembar kuesioner Pre Test dan Post Test pemahaman hipertensi dan lembar observasi hasil pemeriksaan tekanan darah dan kholesterol. Analisis data menggunakan Uji ANOVA dengan α = 0.05. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan modul edukasi membantu penderita hipertensi dalam meningkatkan pemahaman tentang pencegahan hipertensi, menurunkan tekanan darah dan cholesterol serta mencegah risiko hipertensi. Rekomendasi penelitian yang akan datang adalah pengembangan aplikasi edukasi hiperteni terhadap pencegahan risiko hipertensi. Kata Kunci : Modul Edukasi Hipertensi , Pencegahan Risiko Hipertensi



Lampiran

File Abstraksi : [ Unduh ]