Karya Tulis Ilmiah



HUBUNGAN ANTARA STATUS GONDOK DAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN KARANGANYAR 1 PONCOKUSUMO

Prodi : POLTEKKES KEMENKES MALANG PRODI DIII GIZI
Pengarang : ARIS INDRA KURNIAWAN
Dosen Pembimbing : Di bawah bimbingan I Nengah Tanu K., DCN., SE., M.Kes. dan Poedyasmoro, SKM
Klasifikasi/Subjek : , belajar
Penerbitan : , Malang: 2013.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-33-A-
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAKSI ARIS INDRA KURNIAWAN, 2013. Hubungan Antara Status gondok dan Motivasi belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN Karanganyar 1 Poncokusumo. (Di bawah bimbingan I Nengah Tanu K., DCN., SE., M.Kes. dan Poedyasmoro, SKM). Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) adalah sekumpulan gejala yang ditimbulkan karena tubuh kekurangan yodium dalam jangka waktu lama. Akibat dari GAKY ternyata jauh lebih luas dari sekedar terjadinya pembesaran kelenjar gondok, yang sangat mengkhawatirkan adalah akibat negative pada susunan saraf pusat yang akan berpengaruh pada kecerdasan dan perkembangan sosial masyarakat pada umumnya (Dinkes Prop. Jatim, 2003) Berdasarkan data yang diperoleh dari Puskesmas Kecamatan Jabung didapatkan hasil bahwa prevalensi TGR anak sekolah SDN karanganyar 1 pada tahun 2009 sebesar 30,63% yang termasuk dalam kategori endemik berat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status gondok dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SDN karanganyar 1 Poncokusumo. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan sekunder. Data primer antara lain data status gondok, motivasi belajar dan prestasi belajar. Sedangkan data sekunder antara lain gambaran umum lokasi penelitian dan gambaran umum responden. Penelitian ini dilakukan dengan Comparative Study dengan pengolahan data menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95%. Dari hasil penelitian diperoleh siswa SDN karanganyar 1 poncokusumo yang mengalami pembesaran kelenjar gondok sebanyak 34 siswa (29%). Siswa yang mempunyai motivasi belajar kurang yakni sebesar 11%. Siswa yang tidak mempunyai status gondok grade 1 atau 2 memiliki nilai lebih baik daripada siswa yang mengalami status gondok gondok grade 1 dan 2 yaitu sebanyak 23 siswa dari total siswa yang diteliti sebanyak 60 siswa. Berdasarkan hasil uji statistic diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan antara status gondok dan motivasi belajar ( ρ < 0,05). Ada hubungan yang bermakna antara status gondok dengan prestasi belajar ( ρ < 0,05). Saran dalam penelitian ini adalah pada anak SD tidak hanya dilakukan palpasi saja tetapi harus dipetakan dengan hasil pemeriksaan T3 dan T4, penyuluhan tentang GAKY, memberikan pengertian tentang motivasi belajar. Kata Kunci : Status Gondok, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar



Lampiran