Karya Tulis Ilmiah



HUBUNGAN KARAKTERISTIK BERMAIN ANAK DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH (3-5 TAHUN) DI PAUD ROSALIA MALANG

Prodi : POLTEKKES KEMENKES MALANG PRODI DIII KEBIDANAN
Pengarang : A’YUNIL WASILAH
Dosen Pembimbing : Afnani Toyibah A.Per.Pen.,M.Pd.; Tarsikah, S.Si,T.,M.Keb
Klasifikasi/Subjek : , anak, perkembangan personal sosial
Penerbitan : , Malang: 2014.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-33-A-
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Wasilah, A’yunil.2012.Hubungan Karakteristik Bermain Anak dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 tahun) di PAUD Rosalia Malang. Karya Tulis Ilmiah.Poltekkes Kemenkes Malang. Prodi DIII Kebidanan Malang .Pembimbing Utama: Afnani Toyibah A.Per.Pen.,M.Pd. Pembimbing Pendamping : Tarsikah, S.Si,T.,M.Keb Usia prasekolah merupakan masa keemasan perkembangan anak, namun apabila orang tua tidak menyadari hal tersebut anak akan mengalami keterlambatan perkembangan. Data angka kejadian keterlambatan perkembangan umum diperkirakan sekitar 1-3% anak di bawah usia 5 tahun mengalami keterlambatan perkembangan (Medise, 2013). Bermain adalah salah satu aktivitas untuk stilmulasi perkembangan anak, untuk memberikan stimulasi orang tua harus mengenal karakteristik bermain anak.Karakteristik bermain sangat beragam, dampak dan manfaatnya juga akan beragam. Jenis bermain pada anak dapat mempengaruhi perkembangan anak, sehingga pertimbangan untuk orang tua agar lebih mengenal karakteristik bermain anak.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan karakteristik bermain anak dengan perkembangan personal sosial.Desain penelitin adalah diskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional, dengan populasi sebanyak 25 orang responden, teknik smpling menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang responden. Instrumrn penelitian menggunakan kuesioner karakteristik bermain dan tes sosial VSMS.Hasil penelitian tentang karakteristik bermain anak didapatkan sebanyak 3 anak (12%) memiliki karakteristik bermain soliter, 11 anak (44%) memiliki karakteristik bermain paraler, 3 anak (12%) memiliki karakteristik bermain asosiatif dan 8 anak (32%) memiliki karakteristik bermain kooperatif, sedangkan untuk perkembangan personal sosial sebanyak 16 anak (64%) memiliki perkembangan diatas rata-rata, 1 anak (4%) memiliki perkembangan sesuai rata-rata dan 8 anak (32%) memiliki perkembanagn dibawah rata-rata.Dari hasil uji statistik mengunakan rumus Fisher Exact Test dan didapatkan bahwa x2 hitung (9,244) > x2 tabel (3,841) yang menunjukkan adanya hubungan antara karakteristik bermain dengan perkembangan personal sosial anak prasekolah di PAUD Rosalia Malang. Berdasarkan hasil tersebut hendaknya orangtua lebih mengenal karakteristik bermain anak untuk memberikan stimulasi sesuai usia. Kata Kunci : Karakteristik bemain, Perkembangan personal sosial.



Lampiran