Karya Tulis Ilmiah



GAMBARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SETELAH DILAKUKAN PENDIDIKAN KESEHATAN PADA SISWA SD KELAS V DI SDN BRONDONG IV LAMONGAN

Prodi : POLTEKKES KEMENKES MALANG PRODI DIII KEPERAWATAN
Pengarang : ARINI FARIDAH EL ISLAMIYAH
Dosen Pembimbing : Pembimbing (utama) Imam Subekti, Skp, M.Kep, Sp.Kom, (pendamping) Lenni Saragih, SKM, M. Kes
Klasifikasi/Subjek : , Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Siswa Kelas V, Pendidikan Kesehatan
Penerbitan : , Malang: 2013.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-33-A-
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa SD Kelas V Setelah diberikan Pendidikan Kesehatan di SDN Brondong IV. Arini Faridah El I (1001100004). Karya Tulis Ilmiah Deskriptif Survey, Program Studi Keperawatan Malang, Jurusan Keperawatan, Politekhnik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing (utama) Imam Subekti, Skp, M.Kep, Sp.Kom, (pendamping) Lenni Saragih, SKM, M. Kes. Kata kunci : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Siswa Kelas V, Pendidikan Kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah sekumpulan prilaku yang dipraktikkan atas dasar keseadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan (Depkes RI, 2006). melalui proses pendidikan anak akan belajar untuk kooperatif, bersaing dengan orang lain, serta belajar peraturan-peraturan yang berlaku. Maka dimungkinkan dengan adanya pendidikan kesehatan para siswa mampu mengurangi atau mencegah terjadinya perilaku tidak sehat. Pendidikan kesehatan adalah suatu penerapan konsep pendidikan di dalam bidang kesehatan. Desain penelitian ini adalah deskriptif survey yang bertujuan untuk mengetahui Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa SD setelah diberikan Pendidikan Kesehatan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 17 Juli 2013. Subyek penelitian ini adalah anak kelas V di SDN Brondong IV Lamongan, yang populasinya berjumlah 32 siswa, teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan instrumen penelitian kuesioner dan lembar chek point. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil yaitu sebagian besar berperilaku Baik setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan jumlah 26 siswa (81%). Sehingga siswa diharapkan dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Gambaran PHBS siswa SD kelas V SDN Brondong IV sebagian besar memiliki perilaku Baik. Dalam hal ini diharapkan instansi kesehatan dapat melakukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan PHBS di Sekolah. Upaya-upaya yang dapat dilakukan yakni dengan pemberian re-edukatif tentang PHBS kepada siswa. Sehingga akan tercipta generasi masa depan yang sehat dan berwawasan luas.



Lampiran