Karya Tulis Ilmiah



TINGKAT KEPUASAN LANSIA TERHADAP PELAYANAN POSYANDU LANSIA DI RANUKLINDUNGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS GRATI KABUPATEN PASURUAN

Prodi : POLTEKKES KEMENKES MALANG PRODI DIII KEPERAWATAN
Pengarang : AKHMAD MUKHLIS KESITYANTO
Dosen Pembimbing : Pembimbing (Utama) Tanto Hariyanto, S.Kep Ns, M. Biomed. (Pendamping) Setyo Harsoyo, SKM, M.Kes.
Klasifikasi/Subjek : , Tingkat Kepuasan, Pelayanan Posyandu Lansia.
Penerbitan : , Malang: 2014.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-32-A-
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Kesityanto, Akhmad Mukhlis (2014). Tingkat Kepuasan Lansia Terhadap Pelayanan Posyandu Lansia di Ranuklindungan Wilayah Kerja Puskesmas Grati Kabupaten Pasuruan. Karya Tulis Ilmiah Survey. Program Studi Keperawatan, Jurusan Keperawatan Malang. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing (Utama) Tanto Hariyanto, S.Kep Ns, M. Biomed. (Pendamping) Setyo Harsoyo, SKM, M.Kes. Kinerja dan kualitas pelayanan posyandu lansia yang tinggi merupakan faktor terpenting tercapainya kepuasan lansia. Upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan posyandu diperlukan adanya pengukuran kepuasan lansia sehingga dapat diketahui sejauh mana kinerja dan kualitas pelayanan yang telah diselenggarakan. Pengukuran kualitas pelayanan merupakan konsep pengukuran yang terdiri dari lima dimensi yaitu keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), perhatian (empathy) dan tampilan fisik (tangibles). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan lansia terhadap pelayanan posyandu lansia yang diberikan di Posyandu Lnsia Ranuklindungan wilayah kerja Puskesmas Grati. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Penelitian dilaksanakan saat setelah pelayanan posyandu lansia pada tanggal 19 Juli 2014 di Posyandu Lnsia Ranuklindungan wilayah kerja Puskesmas Grati. Jumlah responden sebanyak 30 lansia. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner yang mengandung lima sub variabel tingkat kepuasan pasien berdasarkan pada pelayanan keperawatan. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk diagram, tabel dan deskripsi naratif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden (69%) merasakan sangat puas terhadap pelayanan dan 31% merasakan puas terhadap pelayanan Posyandu yang diberikan. Tingkat kepuasan pasien tertinggi terletak pada pelayanan keperawatan berdasarkan dimensi ketanggapan (responsiveness) dan tingkat kepuasan pasien terendah terletak pada pelayanan keperawatan berdasarkan dimensi empati (emphaty). Rekomendasi peneliti yang dapat diberikan yaitu perlu adanya peningkatan pelayanan keperawatan berdasarkan dimensi empati (emphaty). Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Pelayanan Posyandu Lansia.



Lampiran