Karya Tulis Ilmiah



GAMBARAN KUANTITAS TIDUR ANAK USIA SEKOLAH YANG MENGGUNAKAN GADGET DI SDN PERCOBAAN 2 MALANG

Prodi : POLTEKKES KEMENKES MALANG PRODI DIII KEPERAWATAN
Pengarang : YUSTIFIN NADYA NUGRAHANI
Dosen Pembimbing : Dr. Susi Milwati, S.Kp, M.Pd dan Erlina Suci Astuti, S.Kep, Ns, M.Kep
Klasifikasi/Subjek : ,
Penerbitan : , Malang: 2015.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-33-A-
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Gambaran Kuantitas Tidur Anak Usia Sekolah Yang Menggunakan Gadget di SDN Percobaan 2 Malang. Yustifin Nadya Nugrahani (2015) Karya Tulis Ilmiah Deskriptif Survei, Program Studi Keperawatan Malang, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing: (1) Dr. Susi Milwati, S.Kp, M.Pd (2) Erlina Suci Astuti, S.Kep, Ns, M.Kep Kata Kunci: Kuantitas Tidur, Penggunaan Gadget, Anak Usia Sekolah Gadget merupakan suatu alat atau perangkat elektronik canggih yang sangat digemari saat ini. Alat ini memiliki banyak kegunaan karena di dalamnya terdapat beragam aplikasi. Seiring perkembangan zaman pengguna gadget tidak hanya orang dewasa, bahkan anak- anak sudah bisa mengoperasikannya. Termasuk anak usia sekolah sangat senang menggunakan gadget sehingga kebutuhan aktifitas sehari-harinya terganggu, terutama kebutuhan tidur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kuantitas Tidur Anak Usia Sekolah Yang Menggunakan Gadget selama di rumah pada siswa di SDN Percobaan 2 Malang. Metode dari penelitian ini menggunakan survei yaitu dengan cara membagikan kuisioner kepada responden, dengan teknik sampling yaitu proportional sampling. Populasi dari penelitian ini adalah siswa siswi kelas 5A, 5B, 5C, dan 5D SDN Percobaan 2 Malang sebanyak 118 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Sampel tersebut diambil 8 siswa untuk setiap kelasnya yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kuantitas Tidur Anak Usia Sekolah Yang Menggunakan Gadget 18 responden (56%) kuantitas tidurnya kurang ,11 responden (61%) di antaranya menggunakan gadget > 2 jam/ hari dan penggunaan gadget secara umum didapatkan sebanyak 53% atau sejumlah 17 responden diakategorikan negatif. Bagi peneliti selanjutnya, dapat menindaklanjuti penelitian tentang gambaran kualitas dan pola tidur, serta dampak terhadap prestasi anak usia sekolah yang menggunakan gadget.



Lampiran