Karya Tulis Ilmiah



PERAN ORANG TUA DALAM PENERAPAN TOILET LEARNING PADA ANAK TODDLER DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SINGOSARI KABUPATEN MALANG

Prodi : Polkesma Keperawatan
Pengarang : EVI RAHMAH ISTIQOMAH
Dosen Pembimbing : Wahyuningsri, S.Pd, M.Kes, Widya Warastuti S.Kep, M.Kes
Klasifikasi/Subjek : ,
Penerbitan : , Malang: 2015.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-25-A-
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Istiqomah, Evi Rahmah (2015). Peran Orang Tua Dalam Penerapan Toilet Learning Pada Anak Toddler Di Wilayah Kerja Puskesmas Singosari Kabupaten Malang. Karya Tulis Ilmiah Deskriptif Survey, Program Studi DIII Keperawatan Malang, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Pembimbing (Pertama) Wahyuningsri, S.Pd, M.Kes, Pembimbing (kedua) Widya Warastuti S.Kep, M.Kes Pembelajaran toilet learning pada anak toddler oleh orang tua adalah hal yang penting, karena toilet learning merupakan salah satu tugas perkembangan anak toddler. Anak dapat mengalami kegagalan untuk melakukan toilet learning secara mandiri dengan benar jika tidak mendapat pendidikan atau pendampingan dari orang tua. Untuk mencegah kegagalan dalam toilet learning, maka peran orang tua sangat dibutuhkan secara formal maupun informal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran orang tua dalam penerapan toilet learning pada anak toddler di wilayah kerja Puskesmas Singosari kabupaten Malang. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif survey dengan 30 orang sebagai responden. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2015 bertempat di posyandu Kemuning XI Singosari. Pengambilan data ini dilakukan dengan cara pembagian angket pada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam penerapan toilet learning pada anak toddler di wilayah kerja Puskesmas Singosari dikategorikan peran orang tua baik dan peran orang tua cukup baik masing-masing 43%. Hasil penelitian mengenai peran formal orang tua dalam penerapan toilet learning pada anak toddler di wilayah kerja puskesmas singosari dikategorikan cukup baik yaitu 47%, sedangkan hasil penelitian peran orang tua informal dikategorikan baik yaitu 77%. Rekomendasi pada penelitian ini adalah memberikan pengetahuan kepada orang tua tentang pentingnya peran orang tua dalam penerapan toilet learning pada anak toddler. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya adalah mengembangkan penelitian peran orang tua dalam penerapan toilet learning pada anak usia toddler dengan mengobservasi langsung untuk penerapan toilet learning yang dilakukan orang tua, atau menghubungkan peran orang tua dalam penerapan toilet learning dengan faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Toilet Learning, Anak Toddler



Lampiran