Karya Tulis Ilmiah



GAMBARAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS USIA PRASEKOLAH YANG TELAH MENDAPAT TERAPI DI PUSAT TERAPI TERPADU A PLUS MALANG

Prodi : PROGRAM STUDI D-III KEPERAWATAN MALANG
Pengarang : FATHIROH FUSHILAH FAMUJI
Dosen Pembimbing : Wahyuningsri, S.Pd. M.Kes, Erlina Suci Astuti S.Kep. Ns. M.Kep.
Klasifikasi/Subjek : ,
Penerbitan : , Malang: 2016.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-27-A-
Jumlah : 1

Abstraksi

ABSTRAK Gambaran Interaksi Sosial Anak Autis Usia Prasekolah Yang Telah Mendapat Terapi Di Pusat Terapi Terpadu A Plus Malang. Fathiroh Fushilah Famuji (2016). Karya Tulis Ilmiah Studi Kasus. Program Studi Diploma Keperawatan Malang, Jurusan keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing (utama) Wahyuningsri, S.Pd. M.Kes, (Pendamping) Erlina Suci Astuti S.Kep. Ns. M.Kep. Kata Kunci : Interaksi sosial, Anak autis, Usia prasekolah, Terapi Anak autis mengalami gangguan pada interaksi sosial. Gangguan interaksi sosial dapat menghambat anak dalam menjalin hubungan dengan orang lain sehingga dapat mempengaruhi kehidupan sosial anak autis. Untuk mengurangi gangguan interaksi sosial pada anak autis dapat dilakukan dengan memberikan terapi seperti terapi perilaku, terapi wicara, dan terapi bermain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi sosial anak autis usia prasekolah yang telah mendapat terapi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif observatif dengan jumlah subjek sebanyak 2 orang anak autis usia prasekolah. Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi kepada subjek dan wawancara kepada terapis serta orang tua subjek sebagai data penunjang. Hasil studi kasus menunjukkan bahwa interaksi sosial kedua subjek dalam kategori baik, namun memiliki kekurangan seperti tidak adanya respon senyuman saat diajak berkenalan maupun berbicara karena belum adanya rasa nyaman saat berada didekat orang baru, serta belum adanya kemampuan memulai pembicaraan pada Subjek II karena derajat kelainan bahasa yang tinggi dan usia saat awal masuk tempat terapi yang melebihi usia ideal. Disarankan kepada terapis untuk dapat mempertahankan komunikasi dengan pihak orang tua subjek mengenai perkembangan subjek dan memberikan informasi mengenai kebutuhan subjek untuk menunjang kemampuan interaksi sosial. Peneliti selanjutnya disarankan meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan interaksi sosial anak autis.



Lampiran

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]