Karya Tulis Ilmiah



GAMBARAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRA SEKOLAH SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN AKTIVITAS BERMAIN DI TK PKK DESA TAMANKUNCARAN KABUPATEN MALANG

Prodi : PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN MALANG
Pengarang : FEBBI VINDAWATI TAMBUNAN
Dosen Pembimbing : Dr. Atti Yudiernawati, S. Kep, M.Pd, Erlina Suci A, S.Kep Ns, M.Kep
Klasifikasi/Subjek : ,
Penerbitan : , Malang: 2016.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-27-A-
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Tambunan, Febbi Vindawati. 2016. Gambaran Perkembangan Sosial Anak Usia Pra Sekolah Sebelum dan Sesudah Diberikan Aktivitas Bermain di TK PKK Desa Tamankuncaran Kabupaten Malang. Karya Tulis Ilmiah Studi Kasus. Program Studi Diploma III Keperawatan Malang, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing (utama) Dr. Atti Yudiernawati, S. Kep, M.Pd, Pendamping Erlina Suci A, S.Kep Ns, M.Kep. Kata Kunci : Perkembangan Sosial, Anak Usia Pra Sekolah, Bermain. Perkembangan sosial pada anak usia pra sekolah berperan penting dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Perkembangan sosial dari setiap anak memiliki tahapan yang tidak sama, ada beberapa anak yang mengalami perlambatan bahkan mengakibatkan anak gagal mengembangkan kompetensi sosial. Untuk mengoptimalkan perkembangan sosial pada anak usia pra sekolah perlu dilakukan simulasi berupa aktivitas bermain. Terapi bermain merupakan simulasi yang tepat bagi anak usia pra sekolah. Tujuan dari studi kasus ini untuk menggambarkan perkembangan sosial anak usia pra sekolah sebelum dan sesudah diberikan aktivitas bermain di TK PKK Desa Tamankuncaran Kabupaten Malang. Metode penelitian menggunakan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari dua orang anak usia pra sekolah sesuai kriteria inklusi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara yang dilakukan tanggal 15 Februari- 23 Februari 2016 pada subjek I dan subjek II. Data disajikan dalam bentuk tabel untuk mengidentifikasi perkembangan sosial setelah diberikan aktivitas bermain. Hasil studi kasus diperoleh setelah diberikan aktivitas bermain dan diobservasi selama empat kali pada An.R dan An.F, perkembangan sosial kedua subjek mengalami peningkatan, yang ditandai dengan anak mampu mengerjakan sesuai dengan lembar observasi. Diharapkan untuk guru pendidik mampu memahami tahapan sekaligus tugas perkembangan anak usia pra sekolah dan apa saja simulasi yang dapat meningkatkan perkembangan sosial anak usia pra sekolah.



Lampiran