Karya Tulis Ilmiah



PENGARUH PENYULUHAN GIZI SEIMBANG DENGAN MEDIA POSTER TERHADAP PENGETAHUAN SISWA KELAS V DI MI AL-HIDAYAT KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG

Prodi : DIPLOMA III GIZI
Pengarang : Farisa Rahmatika
Dosen Pembimbing : IBNU FAJAR, SKM.M.Kes
Klasifikasi/Subjek : , Penyuluhan, Pengetahuan, Gizi Seimbang, Siswa MI
Penerbitan : , Malang: 2018.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

Riskesdas tahun 2013 menunjukkan bahwa masalah gizi anak usia 5 – 12 tahun di Indonesia terdiri dari pendek, kurus dan gemuk. Prevalensi pendek pada anak usia 5 – 12 tahun adalah 30,7% (12,3% sangat pendek dan 18,4% pendek). Prevalensi kurus (menurut IMT/U) pada anak usia 5 – 12 tahun adalah 11,2% (4% sangat kurus dan 7,2% kurus). Sedangkan prevalensi gemuk pada usia 5 – 12 tahun adalah 18,8% (10,8% gemuk dan 8,8% sangat gemuk). Masalah gizi timbul akibat perilaku gizi anak yang salah yaitu ketidak seimbangan antara konsumsi gizi dengan kecukupan gizinya. Bila tingkat konsumsi kurang dalam waktu yang lama maka seseorang akan menderita gizi kurang, sebaliknya jika tingkat konsumsi melebihi kecukupan gizinya maka anak akan menderita gizi lebih. Penyuluhan dapat berperan dalam pencegahan masalah gizi pada anak sekolah, dengan penyuluhan maka pengetahuan akan meningkat sehingga diharapkan dapat mengubah status gizi dan perilaku yang kurang baik dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisi pengaruh penyuluhan tentang gizi seimbang menggunakan media poster terhadap tingkat pengetahuan kelas V di MI Al-Hidayat Kabupaten Malang.Jenis penelitian ini menggunakan Analitik Quasi Eksperiment dengan desain penelitian One Grup Pretest Posttest. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di MI Al-Hidayat Kabupaten Malang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Al-Hidayat Kabupaten Malang sejumlah 54 siswa. Teknok sampling yang digunakan yaitu purpose sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluhan gizi seimbang dengan media poster memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan siswa (p= 0,001). Kata Kunci: Penyuluhan, Pengetahuan, Gizi Seimbang, Siswa MI



Lampiran

[ Sampul Depan ][ Sampul Dalam ]

File Lembar Keaslian : [ Unduh ]

File Lembar Persetujuan : [ Unduh ]

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Kata Pengantar : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File Daftar Tabel : [ Unduh ]

File Daftar Lampiran : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]