Karya Tulis Ilmiah



KEMAMPUAN ORANG TUA DALAM PENANGANAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK PRA SEKOLAH SETELAH DIBERIKAN KONSELING 2022

Prodi : PROGRAM STUDI D-III KEPERAWATAN MALANG
Pengarang : Dian Ramadhani
Dosen Pembimbing : Dr. Atti Yudiernawati, S.Kp., M.Pd
Klasifikasi/Subjek : , Kemampuan orang tua, temper tantrum, konseling
Penerbitan : , Malang: 2022.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 1

Abstraksi

Masalah perkembangan yang dapat terjadi pada anak usia pra sekolah adalah masalah emosional yaitu temper tantrum. Akibat dari temper tantrum yaitu anak melampiaskan kemarahannya dengan cara menangis dan berguling di lantai yang berisiko menyebabkan cedera. Kemampuan orang tua dalam berpikir (pengetahuan), bersikap, dan bertindak berberperan penting untuk menangani temper trantrum anak. Tujuan untuk mengidentifikasi temper tantrum pada anak pra sekolah dan mengidentifikasi kemampuan orang tua tentang pengetahuan, sikap dan tindakan dalam penanganan temper tantrum pada anak pra sekolah. Metode menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif observatif, subjek penelitian 2 orang tua yang bertempat tinggal di Desa Mojosari Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang yang memiliki anak usia pra sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan observasi. Hasil menunjukkan hasil temper tantrum pada subjek 1 (An. S) dan subjek 2 (An. G) sebelum dilakukan konseling di pertemuan ke-1 termasuk ke dalam kategori anak beresiko terjadi temper tantrum dengan hasil skor temper tantrum 96 untuk subjek 1 (An. S) dan 63 pada subjek 2 (An. G). Setelah dilakukan konseling, kedua subjek mengalami perubahan dari pertemuan ke 4, 6, dan 8 dengan skor 42 pada subjek 1 (An. S) dan 32 untuk subjek 2 (An. G) termasuk kategori tidak beresiko terjadi temper tantrum. Hasil kemamampuan orang tua, sebelum dilakukan konseling di pertemuan ke-1 pada subjek 1 (Ny. R) dan subjek 2 (Ny. I) diketahui kemampuan dalam penanganan temper tantrum kurang dengan hasil skor kemampuan kedua subjek 20 (skor pengetahuan 0, sikap 40, dan tindakan 20). Setelah dilakukan konseling, hasil kemampuan kedua subjek mengalami peningkatan pada pertemuan ke-2 sampai ke-8 termasuk ke dalam kategori kemampuan orang tua dalam penanganan temper tantrum baik dengan hasil skor kemampuan subjek 1 (Ny. R) 98 (skor pengetahuan 100, sikap 93, dan tindakan 100) dan subjek 2 (Ny. I) 97 (skor pengetahuan 100, sikap 90, dan tindakan 100). Adanya hubungan antara perilaku temper tantrum pada anak pra sekolah dengan kemampuan orang tua dalam penanganan temper tantrum. Semakin tinggi hasil temper tantrum anak, semakin berkurang kemampuan orang tua dalam penanganan temper tantrum. Sebaliknya semakin rendah hasil temper tantrum anak, semakin baik kemampuan orang tua dalam penanganan temper tantrum. Orang tua diharapkan memiliki kemampuan yang baik dan menerapkan penanganan temper tantrum pada anak pra sekolah sehingga anak tidak berperilaku temper tantru



Lampiran

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]