Karya Tulis Ilmiah



PENGARUH PENDAMPINGAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN IBU, TINGKAT KONSUMSI ENERGI, DAN STATUS GIZI (BB/U) BADUTA UNDERWEIGHT USIA 6-23 BULAN DI KELURAHAN SUMBERSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Prodi : DIPLOMA 4 GIZI
Pengarang : VIRGA ERLINDA SEPTYARIANTI
Dosen Pembimbing : Tapriadi, Juin Hadisuyitno, I Nengah Tanu Komalyna
Klasifikasi/Subjek : , pendampingan gizi, pengetahuan ibu, tingkat konsumsi energi, status gizi (BB/U), baduta underweight.
Penerbitan : , Malang: 2023.
Bahasa : INDONESIA
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 1

Abstraksi

Underweight (Berat Badan Kurang) merupakan salah satu masalah gizi yang masih terjadi di Indonesia. Underweight adalah status gizi yang didasarkan pada indeks Berat Badan menurut Umur (BB/U) dengan nilai z-score kurang dari -3 SD sampai dengan –2 SD. Berdasarkan data puskesmas Dinoyo Kota Malang tahun 2021, Kelurahan Sumbersari merupakan kelurahan dengan kejadian Underweight tertinggi yaitu 13,4%. Rendahnya pengetahuan dan kurangnya keterampilan keluarga khususnya ibu tentang pola asuh yang meliputi praktik pemberian MP-ASI juga merupakan salah satu penyebab gizi kurang. Upaya perbaikan pengetahuan ibu, tingkat konsumsi energi, status gizi (BB/U) baduta Underweight dapat dilakukan dalam bentuk pendampingan gizi. Tujuan: Mengetahui pengaruh pendampingan gizi terhadap pengetahuan ibu, tingkat konsumsi energi, dan status gizi (BB/U) baduta Underweight usia 6-23 bulan di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Metode: Desain penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode atau pendekatan studi kasus. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 12 ibu baduta. Pengolahan dan analisis data disajikan dalam bentuk tabel atau grafik dan dianalisis secara deskriptif. Hasil: Tingkat pengetahuan ibu baduta underweight mengalami peningkatan dengan peningkatan rata-rata nilai pengetahuan sebesar 20. Tingkat konsumsi energi baduta mengalami peningkatan dengan peningkatan rata-rata jumlah konsumsi energi baduta sebesar 12,3%. Status gizi (BB/U) baduta mengalami peningkatan menjadi kategori normal pada 5 baduta. Kesimpulan: Hasil dari penelitian mengenai pengaruh pendampingan gizi terhadap pengetahuan ibu, tingkat konsumsi energi, status gizi (BB/U) baduta Underweight Usia 6-23 bulan mengalami peningkatan antara sebelum dan sesudah pendampingan gizi. Kata Kunci : pendampingan gizi, pengetahuan ibu, tingkat konsumsi energi, status gizi (BB/U), baduta underweight.



Lampiran

File Lembar Keaslian : [ Unduh ]

File Lembar Persetujuan : [ Unduh ]

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Kata Pengantar : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]