Repository Karya Dosen



EFEKTIFITAS MODEL STIMULASI LITERASI BERBASIS PERKEMBANGAN MULTISENSORI TERHADAP HASIL DDST DI PAUD ASTER 35 KABUPATEN JEMBER

Laporan Penelitian Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri
Kumpulan : Jurnal Ilmiah (Non-Kategori) [Indonesia]
Edisi/Volume : ,
Pengarang : Jenie Palupi, S.Kp. M.Kes,., Syiska Atik Maryanti, SST., M.Keb.
Klasifikasi/Subjek : , Kebidanan
Penerbitan : Poltekkes Malang, Malang: 2019.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-25-A-
Jumlah : 1

Abstraksi

ABSTRAK Penelitian ini secara umum bertujuan untuk untuk mempelajari efektifitas model stimulasi literasi berbasis perkembangan multisensori terhadap hasil DDST Di PAUD Aster 35 Kabupaten Jember. Desain Quasi eksperimental digunakan dalam penelitian ini, yaitu bentuk penelitian eksperimen yang menggunakan kelompok kontrol tetapi kelompok kontrolnya tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang dapat mempengaruhinya. Pada penelitian ini satu kelompok melakukan stimulasi literasi sementara kelompok lain tdiak dilakukan stimulasi literasi selanjutnya kedua kelompok dinilai hasil DDSTnya. Penilaian DDST dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan baik pada anak yang diberi stimulasi literasi maupun tidak. Instrumen penelitian yang dipakai adalah lembar observasi tanda REEDA dengan alat bantu SOP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuan perkembangan personal sosial balita, perkembangan adaptif-motorik halus balita, perkembangan bahasa balita dan perkembangan motorik kasar pada kelompok kontrol dan perlakuan termasuk dalam kategori advance, kecuali perkembangan adaptif-motorik halus balita kelompok perlakuan termasuk kategori OK. Sesudah perlakuan perkembangan personal sosial balita, perkembangan adaptif-motorik halus balita, perkembangan bahasa balita dan perkembangan motorik kasar pada kelompok kontrol dan perlakuan termasuk dalam kategori advance dan tidak terdapat perbedaan secara statistik antara kelompok kontrol dan perlakuan, kecuali perkembangan bahasa balita. Perkembangan balita penilaian keseluruhan dengan menggunakan DDST sebelum dan sesudah perlakuan termasuk kategori normal. Sesudah perlakuan secara statistik tidak terdapat perbedaan antara kelompok kontrol dan perlakuan. Kata Kunci : Model Stimulasi Literasi, DDST



Lampiran

File Abstraksi : [ Unduh ]