Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
GAMBARAN KEMANDIRIAN PERAWATAN DIRI ANAK RETARDASI MENTAL BERAT SEBELUM DAN SETELAH DILAKUKAN LATIHAN PERAWATAN DIRI DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT MALANG
Prodi | : DIPLOMA III KEPERAWATAN |
Pengarang | : Ningrum Wahyu Setyowati |
Dosen Pembimbing | : Kissa Bahari, S. Kep. Ns., M. Kep. & Dyah Widodo, S.Kp., M.Kes |
Klasifikasi/Subjek | : , Kemandirian, Perawatan Diri, Retardasi Mental |
Penerbitan | : , Malang: 2017. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 0 |
Abstraksi
Gambaran Perawatan Diri Anak Retardasi Mental Berat Sebelum dan Setelah Dilakukan Latihan Perawatan Diri di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Malang. Ningrum Wahyu Setyowati (2017) Karya Tulis Ilmiah Deskriptif Studi Kasus. Program Studi Diploma III Keperawatan Malang, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing: (1) Kissa Bahari, S.Kep. Ns., M.Kep., (2) Dyah Widodo, S.Kp., M.Kes. Anak retardasi mental berat pada umumnya mengalami keterbatasan yang lebih berat dalam fungsi intelegensi, motorik kasar dan halus, bahasa dan wicara, serta sosialisasi sehingga ia dapat mengalami defisit perawatan diri yang berarti. Salah satu latihan yang dapat diberikan adalah latihan perawatan diri sederhana. Pemberian latihan ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat kemandirian anak dalam perawatan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian perawatan diri anak retardasi mental berat sebelum dan setelah dilakukan latihan perawatan diri. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dengan mengambil 1 (satu) subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa sebelum diberikan latihan perawatan diri, subjek belum bisa menyiapkan alat-alat yang diperlukan untuk perawatan diri namun ia bisa melakukan sebagian besar aspek latihan sesuai arahan pengasuh dengan berpegangan. Setelah dilakukan latihan perawatan diri, subjek bisa menyiapkan alat-alat yang diperlukan dan bisa melakukan sebagian besar aspek latihan tanpa berpegangan. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terjadi perubahan tingkat kemandirian perawatan diri yaitu tetap berada pada tingkat ketergantungan sebagian. Rekomendasi penelitian ini yaitu latihan perawatan diri pada anak retardasi mental berat dapat diterapkan secara terus menerus dan konsisten pada tahap-tahap yang sama dengan metode yang menyenangkan dan disertai pemberian reinforcement positif. Kata Kunci: Kemandirian, Perawatan Diri, Retardasi Mental