Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
PERSEPSI IBU HAMIL TERHADAP MUTU PELAYANAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS BARENG
Prodi | : PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN KEBIDANAN MALANG |
Pengarang | : MIRANDA TRI AGUSTINA |
Dosen Pembimbing | : Didien Ika Setyarini S.Sit., M.Keb, Tri Mardiyanti SST., M.Mid |
Klasifikasi/Subjek | : , mutu pelayanan, persepsi ibu hamil |
Penerbitan | : , Malang : 2018. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 0 |
Abstraksi
Abstrak Agustus,2018. Persepsi Ibu Hamil Terhadap Mutu Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Bareng. Skripsi. Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan. Politeknik Kesehatan Malang Pembimbing Utama : Didien Ika Setyarini S.Sit., M.Keb Pembimbing Pendamping : Tri Mardiyanti SST., M.Mid Salah satu upaya untuk menurunkan AKI yaitu dengan memberikan pelayanan kehamilan secara komprehensif Antenatal Care (ANC). Di kota Malang pelayanan ANC telah diterapkan di seluruh puskesmas. Tingkat pemanfaatan ANC dapat dilihat dari jumlah cakupan kunjungan K1 dan K4. Jumlah cakupan K1 dan K4 di Puskesmas Bareng dalam 3 tahun terakhir yaitu tahun 2014-2016 fluktuatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui mutu pelayanan ANC di puskesmas Bareng kota Malang. Desain penelitian ini adalah deskriptif menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan cross sectional dilakukan pada 37 ibu hamil yang telah berkunjung ke poliklinik KIA di Puskesmas Bareng Kota Malang dan mendapatkan pelayanan ANC dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan analisis IPA (Importance Performance Analysis). Berdasarkan hasil penelitian diketahui mutu pelayanan ANC yang berada di puskesmas Bareng adalah baik, tetapi masih terdapat item yang perlu diperhatikan yaitu memberikan pelayanan dengan segera 32,5%, memberikan pelayanan sesuai waktu yang telah dijanjikan35,2%, mencatat berkas pasien dengan benar 37,8%, memberikan tindakan yang tepat sejak awal 48,6%. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di poliklinik KIA puskesmas bareng perlu memperbaiki item yang tidak memuaskan. Kata kunci : mutu pelayanan, persepsi ibu hamil