Karya Tulis Ilmiah



HUBUNGAN KEBIASAAN MENONTON VIDEO KARTUN DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH DI RA PERWANIDA 01 PANCIR 2022

Prodi : STR KEPERAWATAN
Pengarang : RIFA AULIA
Dosen Pembimbing : Kissa Bahari, S.Kep., Ns., M.Kep., Ph.D.NS ,
Klasifikasi/Subjek : , Intensitas Waktu, Video Kartun, Perkembangan Kognitif
Penerbitan : , Malang: 2022.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 1

Abstraksi

Gadget menjadi salah satu bukti perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat. Anakanak menggunakan gadget untuk menonton video kartun yang dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan menonton video kartun dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah di RA Perwanida 01 Pancir. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan uji pearson correlation dan kurskal wallis yang menggunakan lembar kuisioner dan lembar observasi sebagai instrument penelitian. Besar sampel pada penelitian ini adalah 46 anak yang diambil dengan tehnik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan antara intensitas waktu menonton video kartun dengan perkembangan kognitif anak dengan p-value 0,198. Adapun perbedaan perkembangan kognitif berdasarkan jenis video kartun yang ditonton anak menunjukkan adanya perbedaan dengan p-value 0,000 dimmana rata-rata ranking yang paing tinggi adalah repsonden yang menonton kartun jenis Upin-ipin. Penelitian ini menyarankan kepada orangtua responden untuk memonitor anak ketika menonton video kartun.



Lampiran

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]