Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
PERILAKU GAMERS PADA USIA REMAJA AWAL SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN EDUKASI(PENDIDIKAN KESEHATAN) TENTANG BAHAYA GAME ONLINE 2020
Prodi | : SARJANA TERAPAN KEPERAWATAN |
Pengarang | : ALFAERA NOVEN DONILLA |
Dosen Pembimbing | : Dr. Atti Yudiernawati, S.Kp., M.Pd |
Klasifikasi/Subjek | : , Keperawatan |
Penerbitan | : , Malang: 2020. |
Bahasa | : INDONESIA |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Masa remaja awal adalah masa yang kritis dimana rasa ingin tahu,emosional tinggi, dan sosial dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku remaja awal. Perubahan terhadap ketertarikan menjadi masalah seperti untuk bermain game online dan jika dibiarkan menimbulkan dampak negatif yang dapat mempengaruhi perilaku remaja awal. Perilaku dapat berubah dengan diberikan edukasi (Pendidikan Kesehatan). Edukasi (Pendidikan Kesehatan) adalah suatu proses yang dapat merubah perilaku menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku gamers usia remaja awal sebelum dan sesudah diberikan edukasi bahaya game online. Metode penelitian deskripsi studi kasus, dengan 2 subjek studi kasus sesuai kriteria inklusi. Pengumpulan data dengan pre test, post test,observasi,permainan ular tangga. Data hasil penelitian akan disajikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian subjek studi kasus 1 mengalami perubahan perilaku setelah diberikan edukasi pada kunjungan kedua dengan prosentase 62,5%. Subjek studi kasus 2 setelah diberikan edukasi pada kunjungan ketiga dengan prosentase 62,5% dari hasil yang didapatkan ada perbedaan dari subjek studi kasus 1 dan 2 yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan.Kesimpulan dari dua subjek studi kasus mengalami perubahan perilaku setelah diberikan edukasi (Pendidikan Kesehatan) tentang bahaya game online. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan observasi dengan waktu 21-30 hari untuk mengetahui perubahan perilaku seseorang.