Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
GAMBARAN TINGKAT EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE JKN OLEH PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI BPJS KESEHATAN KOTA BATU
Prodi | : D3 ASKES |
Pengarang | : SIDQI AMMAR HAKIM |
Dosen Pembimbing | : Eko Rahman Setiawan, SKM.,MKM |
Klasifikasi/Subjek | : , Efektifitas,Aplikasi Mobile JKN,Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) |
Penerbitan | : , Malang: 2023. |
Bahasa | : INDONESIA |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Kata Kunci:Efektifitas,Aplikasi Mobile JKN,Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Perkembangan Teknologi dan komunikasi saat ini semakin pesat. Demikian juga halnya dalam jaminan kesehatan dibutuhkan Penerapan Teknologi Komunikasi dan informasi. Aplikasi Mobile JKN merupakan suatu bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administratif dilakukan di kantor cabang atau fasilitas kesehatan,ditransformasikan kedalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta dimana saja dan kapan saja serta diharapkan dapat mengurangi antrian disetiap kantor cabang BPJS Kesehatan. Peneliti ingin melihat apakah penggunaan aplikasi Mobile JKN dan bagaimana efektifitas penggunaan aplikasi tersebut di kantor BPJS Kesehatan Kota Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah 44 responden dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang datang ke kantor BPJS Kesehatan Kota Batu. Teknik pengumpulan data dengan cara mengisi kuisioner. Penelitian ini menggunakan model kesuksesan sistem informasi DeLone and McLean (D & M Success Model). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa tingkat efektifitas penggunaan aplikasi Mobile JKN dilihat dari 5 elemen yaitu kualitas sistem (Efektif),kualitas informasi (Efektif),kualitas layanan (Efektif),Kepuasan pengguna (Efektif),manfaat-manfaat bersih (Efektif). Kesimpulan dari penelitian ini penggunaan aplikasi Mobile JKN sudah efektif dilihat dari dimensi kualitas sistem (System Quality),kualitas informasi (Information Quality),kualitas layanan (Service Quality),kepuasan pengguna (User Satisfaction),manfaat bersih (Net Benefits).
Lampiran
File Lembar Keaslian : [ Unduh ]
File Lembar Persetujuan : [ Unduh ]
File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]
File Abstraksi : [ Unduh ]
File Daftar Isi : [ Unduh ]
File BAB-1 : [ Unduh ]
File BAB-2 : [ Unduh ]
File BAB-3 : [ Unduh ]
File BAB-4 : [ Unduh ]
File BAB-5 : [ Unduh ]
File Daftar Pustaka : [ Unduh ]
File Lampiran : [ Unduh ]