Karya Tulis Ilmiah



PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN MENTAL EMOSIONAL PADA ANAK PRASEKOLAH USIA 3-6 TAHUN

Prodi : SARJANA TERAPAN KEBIDANAN
Pengarang : SURYANI PRATIWI
Dosen Pembimbing : (Utama) Herawati Mansur, SST.,M.Pd.,M.Psi (Pendamping) Wahyu Setyaningsih, SST.,M.Kes.
Klasifikasi/Subjek : ,
Penerbitan : , Malang: 2021.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 1

Abstraksi

Pendahuluan: Gangguan mental emosional pada anak prasekolah terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, salah satunya dikarenakan penggunaan gadget. Penelitian tentang pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan mental emosional anak prasekolah usia 3-6 tahun menjadi penting dan layak mendapatkan perhatian khusus, di antaranya yaitu mengatur durasi penggunaan gadget dan frekuensi penggunaan gadget. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan mental emosional pada anak prasekolah usia 3-6 tahun. Metode: Metode yang digunakan adalah literature review yang didapatkan dari dua database yaitu PubMed dan Google Scholar. Kriteria inklusi yang digunakan yaitu anak prassekolah usia 3 sampai 4 tahun yang mengalami gangguan mental emosional, jurnal Berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, rentang waktu penerbitan maksimal 5 tahun (2017-2021), desain penelitian yang digunakan cross sectional, deskriptif analitik dan deskriptif korelatif. Kriteria ekslusi yang digunakan anak yang mengalami kecacatan mental dan kebutuhan fisik, jurnal tidak tersedia dalam full text, jurnal hanya dapat diakses dengan berbayar, hasil penelitian jurnal tidak sesuai dengan tema penelitian yaitu penggunaan gadget terhadap perkembangan mental emosional. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian literature: pada jurnal Bahasa Indonesia “Penggunaan gadget dan perkembangan mental emosional”, pada jurnal internasional “Mental Gadget Use” AND “Emotional Intelligences”. Hasil: Dari hasil 15 jurnal ditemukan 10 Jurnal yang membahas mengenai durasi penggunaan gadget, 3 jurnal yang membahas frekuensi penggunaan gadget, dan 2 jurnal yang membahas durasi dan frekuensi penggunaan gadget. Kesimpulan: Terdapat pengaruh antara penggunaan gadget dengan perkembangan mental emosional pada anak prasekolah usia 3-6 tahun. Orangtua perlu melakukan pemantauan secara ketat pada anak saat bermain gadget untuk mengatur durasi dan frekuensi penggunaan gadget pada anak.



Lampiran

[ Sampul Depan ][ Sampul Dalam ]

File Lembar Keaslian : [ Unduh ]

File Lembar Persetujuan : [ Unduh ]

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Kata Pengantar : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]