Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGHADAPI MENSTRUASI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG KOTA MALANG
Prodi | : PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN MALANG |
Pengarang | : ERFINDA TITA PUJIATI |
Dosen Pembimbing | : Ngesti W Utami, S.Kp, M.Pd, Imam Subekti, S.Kp, M.Kep, Sp.Kom. |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2016. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : PUSAT-27-A- |
Jumlah | : 0 |
Abstraksi
ABSTRAK Gambaran Pengetahuan dan Sikap Menghadapi Menstruasi Pada Anak Usia Sekolah di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang Kota Malang. Erfinda Tita Pujiati (2016) Karya Tulis Ilmiah Deskriptif Survei, Program Studi DIII Keperawatan Malang. Pembimbing (Utama) Ngesti W Utami, S.Kp, M.Pd, Pembimbing (Pendamping) Imam Subekti, S.Kp, M.Kep, Sp.Kom. Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Menstruasi, Anak Usia Sekolah Anak usia sekolah adalah rentang kehidupan yang dimulai saat anak berusia 6-12 tahun. Peristiwa paling penting pada masa pubertas anak usia ini adalah gejala menstruasi atau haid yang menjadi pertanda biologis dari kematangan seksual seorang wanita. Menstruasi adalah perdarahan vagina secara berkala akibat terlepasnya lapisan endometrium uterus. Secara normal menstruasi berlangsung pada usia 10-16 tahun. Pengetahuan yang baik tentang menstruasi sangat diperlukan bagi anak yang telah menginjak masa pubertas terutama saat menjelang menstruasi. Hal ini karena akan berpengaruh terhadap sikap yang akan ditunjukkan oleh seorang anak tersebut, baik itu sikap positif maupun negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap menghadapi menstruasi pada anak usia sekolah di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif survei dan diambil dengan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswi yang berusia 11-12 tahun dan belum menstruasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dalam kategori pengetahuan sejumlah 24 orang (80%) memiliki pengetahuan baik, 5 orang (17%) memiliki pengetahuan cukup dan 1 orang (3%) memiliki pengetahuan kurang sedangkan pada kategori sikap, sejumlah 20 orang (67%) memiliki sikap positif (favourable) dan 10 orang (33%) cenderung memiliki sikap negatif (unfavourable). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hampir sebagian besar siswi memiliki pengetahuan baik dan memiliki sikap positif dalam menghadapi menstruasi. Diharapkan melalui hasil penelitian ini peneliti selanjutnya dapat mengembangkan metode lain seperti wawancara untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap menghadapi menstruasi pada anak usia sekolah yang belum menstruasi dengan yang sudah mengalami menstruasi.