Karya Tulis Ilmiah



PEMBUATAN DAN IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN GRAFIK BARBER JOHNSON TERHADAP PENGETAHUAN MAHASISWA REKAM MEDIS

Prodi : PRODI DIII PEREKAM MEDIS DANINFORMASI KESEHATAN
Pengarang : ANNISA RAHMAYANTI
Dosen Pembimbing : dr. Endang Sri Dewi H.S.MQIH.
Klasifikasi/Subjek : , Video Pembelajaran, Statistika Informasi Kesehatan, Grafik Barber Johnson
Penerbitan : , Malang: 2019.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Annisa Rahmayanti, 2019. Pembuatan dan Implementasi Video Pembelajaran Grafik Barber Johnson Terhadap Pengetahuan Mahasiswa Rekam Medis. Laporan Tugas Akhir, Program Studi DIII Perekam Medis dan Informasi Kesehatan, Jurusan Kesehatan Terapan. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing: dr. Endang Sri Dewi H.S.MQIH. Statistik kesehatan merupakan salah satu dari tujuh kompetensi yang harus dikuasai perekam medis menurut Permenkes No. 377 tahun 2007 dan Grafik Barber Johnson merupakan salah satu materi mata kuliah SIK II diprodi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan. Berdasarkan studi pendahuluan, dari 50 mahasiswa semester 5 setelah mengerjakan soal latihan Grafik Barber Johnson rata-rata nilai yang didapat yaitu 54,8 dengan prosentase 64% mahasiswa dibawah nilai lulus dan 36% mahasiswa diatas nilai lulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai pengetahuan mahasiswa dalam menggunakan media pembelajaran video Grafik Barber Johsnon dengan media pembelajaran powerpoint. Video pembelajaran berdurasi selama 18 menit 35detik. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan pendekatan static group comparison yaitu dengan membandingkan nilai posttest antar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel sejumlah64 mahasiswa yang terbagi menjadi 32 mahasiswa kelompok eksperimen dan 32 mahasiswa kelompok kontrol.Instrumenpenelitianyaitu soal posttest 16 soal dan kuesioner uji user TAM. Dari hasil uji statistik dengan Independent Sample T-Test didapatkan hasil rata-rata nilaipengetahuankelompok eksperimen 85.9375, kelompok kontrol 65,2344dan Sig (2-Tailed) sebesar 0,000< 0,05 yang artinya terdapat perbedaan antara rata-rata nilaipengetahuan mahasiswa kelompok eksperimen dengan rata-rata nilaipengetahuankelompok kontrol. Saran, video pembelajaran Grafik Barber Johnson dapat menjadi referensi belajar mandiri mahasiswa. Kata kunci : Video Pembelajaran, Statistika Informasi Kesehatan, Grafik Barber Johnson



Lampiran

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Kata Pengantar : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]