Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI, TINGKAT KONSUMSI ENERGI DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP STATUS GIZI SISWA DI SMPN 1 KOTA MALANG
Prodi | : PRODI D-IV GIZI |
Pengarang | : ADHITYA RIZKY A.A |
Dosen Pembimbing | : Tapriadi |
Klasifikasi/Subjek | : , Tingkat Pengetahuan Gizi, Tingkat Konsumsi Energi, Aktivitas Fisik |
Penerbitan | : , Malang: 2019. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 0 |
Abstraksi
ABSTRAK Masalah gizi merupakan salah satu masalah kesehatan di berbagai negara, baik di negara maju maupun negara berkembang. Saat ini Indonesia sedang mengalami masalah gizi ganda, yaitu keadaan dimana terdapat masalah gizi lebih yang belum terselesaikan, sementara muncul masalah baru yaitu gizi kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan gizi, tingkat konsumsi energi dan aktivitas fisik terhadap status gizi siswa di SMPN 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan metode pendekatan cross sectional karena tidak melakukan intervensi terhadap sampel penelitian dan tidak dilakukan pada semua populasi melainkan hanya sebagian dari populasi serta peneliti mencari hubungan antara pengetahuan gizi, tingkat konsumsi dan aktivitas fisik terhadap status gizi remaja di SMPN 1 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Malang berjumlah 248 siswa yang tersebar di dalam 8 kelas dan diambil 7 responden pada masing-masing kelas. Tingkat pengetahuan gizi diperoleh dengan dengan memberikan form kuisioner 25 pertanyaan, tingkat konsumsi diperoleh berdasarkan hasil recall 2x24 jam, tingkat aktivitas fisik Diperoleh dari hasil recall aktivitas fisik menggunakan kuesioner aktivitas fisik dan Penilaian status gizi pada remaja dilakukan dengan antropometri menggunakan indeks BB/TB2 yang dikenal dengan Indeks Massa Tubuh (IMT). Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan gizi terhadap status gizi pada α 0,05 akan tetapi pada tingkat konsumsi terdapat hubungan yang tidak bermakna terhadap status gizi, begitu juga aktivitas fisik tidak memiliki hubungan yang bermakna terhadap status gizi siswa. Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan Gizi, Tingkat Konsumsi Energi, Aktivitas Fisik