Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
GAMBARAN PERKEMBANGAN WICARA DAN BAHASA PADA ANAK TODDLER SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN STIMULASI DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) CENDEKIA KOTA MALANG
Prodi | : PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN MALANG |
Pengarang | : FARADILAH SATRIANDANI |
Dosen Pembimbing | : Dr. Atti Yudiernawati, SKP, Mpd. Drs. MZ.Rachman,SST,M.Kes. |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2016. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : PUSAT-27-A- |
Jumlah | : 0 |
Abstraksi
ABSTRAK Gambaran Perkembangan Wicara Dan Bahasa Pada Anak Toddler Sebelum Dan Sesudah Diberikan Stimulasi Di PAUD Cendekia Kota Malang. Karya Tulis Ilmiah Deskriptif Studi Kasus Oleh Faradilah Satriandani. NIM: 1301100048. Program Studi DIII Keperawatan Malang, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing Utama Dr. Atti Yudiernawati, SKP, Mpd. Pembimbing Pendamping Drs. MZ.Rachman,SST,M.Kes. Tiga tahun pertama kehidupan anak merupakan periode emas kehidupan. Dari beberapa sector perkembangan, perkembangan wicara dan bahasa adalah perkembangan yang sangat penting. Dalam tumbuh kembangnya ternyata tidak semua anak toddler dapat melewati tahap tugas perkembangannya, seperti gangguan perkembangan wicara dan bahasa. Dalam mengoptimalkan perkembangan wicara dan bahasa diperlukan peran serta orangtua dalam memberikan stimulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan wicara dan bahasa pada anak toddler sebelum dan sesudah diberikan stimulasi di PAUD Cendekia Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah dua responden usia 1-3 tahun yang mengalami keterlambatan wicara. Pengambilan data dilakukan dilakukan pada tanggal 30 Januari 2016 sampai 13 Februari 2016 di PAUD Cendekia dengan menggunakan lembar observasi berupa checklist KPSP yang dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada subjek 1 perkembangan wicara dan bahasa sebelum diberikan stimulasi adalah kategori kurang (28%), sesudah diberikan stimulasi hasilnya perkembangan wicara dan bahasa dalam kategori baik (86%). Sedangkan pada subjek 2 perkembangan wicara dan bahasa sebelum diberikan stimulasi adalah kategori kurang (42%) dan sesudah diberikan stimulasi hasil yang didapatkan perkembangan wicara dan bahasa adalah kategori baik (86%). Rekomendasi yang diberikan kepada keluarga khususnya ibu untuk selalu memberikan stimulasi setiap hari agar tugas perkembangan anak dapat berkembang optimal. Kata Kunci : Perkembangan Wicara Dan Bahasa, Anak Toddler, Stimulasi
Lampiran
[ Sampul Depan ]
File BAB-1 : [ Unduh ]
File BAB-2 : [ Unduh ]
File BAB-5 : [ Unduh ]
File Daftar Pustaka : [ Unduh ]