Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
PENGEMBANGAN M-LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH FARMAKOLOGI PRODI DIII PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN DI POLTEKKES KEMENKES MALANG
Prodi | : POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES MALANG |
Pengarang | : TRIANA WIJAYANTI |
Dosen Pembimbing | : Achmad Zani Pitoyo |
Klasifikasi/Subjek | : , Pemahaman, Modul pembelajaran, Farmakologi, Android. |
Penerbitan | : , Malang: 2019. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 0 |
Abstraksi
ABSTRAK Triana Wijayanti.2019 “Pengembangan M-Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Farmakologi Prodi DIII Perekam Medis Dan Informasi Kesehatan Di Poltekkes Kemenkes Malang”. Pembimbing : Achmad Zani Pitoyo. Ilmu Farmakologi sangat mendukung pekerjaan Perekam Medis dan Informasi Kesehatan dalam pengelolaan rekam medis, karena pengetahuan mengenai konsep dasar farmakologi, jenis, dan nama obat dapat mendukung kemampuan membaca, mentranskip, dan menyalin data dari rekam medis terkait dengan obat dan pengobatan (Nuryati, 2017). Permasalahan yang ada berdasarkan kuesioner pendahuluan terhadap 10 mahasiswa yaitu kurangnya penguasaan materi Farmakologi terkait bab obat sistem kardiovaskular, obat penurun lipid, obat sistem pencernaan, obat sistem pernapasan dan obat sistem endokrin.Tujuan penelitian ini untuk mengukur perbedaan pemahaman belajar mahasiswa pada mata kuliah Farmakologi Program Studi DIII Perekam Medis dan Informasi Kesehatan sebelum dan sesudah implementasi Modul Elektronik berbasis android. Jenis penelitian menggunakan pra-eksperimen one group pre test post test dengan metode pengembangan Research and Development. Populasi dalam penelitian berjumlah 150 mahasiswa aktif tingkat satu di Prodi D-III PMIK Poltekkes Kemenkes Malang dengan sampel sejumlah 50 orang. Aplikasi dibuat mengguanakan software Android Studio dan desain interface aplikasi dibuat menggunakan aplikasi E-Draw Hasil implementasi menunjukkan bahwa setelah penggunaan aplikasi modul pembelajaran Farmakologi, mahasiswa mengalami peningkatan rata-rata capaian nilai yaitu dari 31,3 menjadi 71,2. Hasil uji statistik dengan paired t-test menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai sebelum yaitu 31,2 dan sesudah 71,2 dengan nilai sign 0,000 < nilai sign 0,05. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi modul pembelajaran Farmakologi terkait bab obat sistem kardiovaskular, obat penurun lipid, obat sistem pencernaan, obat sistem pernapasan dan obat sistem endokrin dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi tersebut. Untuk peneliti lain yang hendak melakukan penelitian yang serupa diharapkan mampu mengembangkan aplikasi modul pembelajaran ini dengan menambahkan item yang belum ada pada aplikasi yang telah dibuat. Kata Kunci : Pemahaman, Modul pembelajaran, Farmakologi, Android.