Karya Tulis Ilmiah



PENGARUH METODE FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DAN METODE PEER GROUP DISCUSSION (PGD) TENTANG GIZI SEIMBANG TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU YANG MEMILIKI BALITA STUNTING DI DESA SIDOLUHUR KECAMATAN LAWANG KABUPATEN MALANG

Prodi : PROGRAM STUDI DIPLOMA IV GIZI
Pengarang : AINI ZULFIYAH
Dosen Pembimbing : I Dewa Nyoman Supariasa, MPS dan B.Doddy Riyadi, SKM., MM.
Klasifikasi/Subjek : , Metode Foccus Group Discussion (FGD), Metode Peer Group Discussion (PGD)
Penerbitan : , Malang: 2018.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Aini Zulfiyah. 2018 . Pengaruh Metode Foccus Group Discussion (FGD) dan Metode Peer Group Discussion (PGD) Tentang Gizi Seimbang Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Yang Memiliki Balita Stunting Di Desa Sidoluhur Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Pembimbing : I Dewa Nyoman Supariasa, MPS dan B.Doddy Riyadi, SKM., MM. Latar Belakang : Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar 2013, prevalensi pendek secara nasional tahun 2013 adalah 37,2 persen. Prevalensi pendek sebesar 37,2 persen terdiri 18,0 persen sangat pendek dan 19,2 persen pendek. Di Jawa Timur prevalensi pendek sebesar 27%. Hasil Baseline Data di Desa Sidoluhur Kecamatan Lawang pada tanggal 10-15 April 2017 diketahui dari 293 balita, 11,94% (35 anak) dalam kategori pendek. Metode : Penelitian ini merupakan Pre Experimental Designs dengan menggunakan rancangan One Group Pretest Posttest Designs di Desa Sidoluhur, Kecamatan Lawang pada bulan Oktober – November 2017. Sampel sebanyak 16 orang. Pengumpulan data dengan cara pengukuran antropometri, wawancara, dan pengisian kuisioner. Penelitian sebanyak 1 kali pertemuan dengan membandingkan perubahan sebelum dan sesusah intervensi. Analisis data menggunakan Uji Paired Sample T-Test, Wilcoxon Signed Rank. Hasil : Hasil analisis spss menunjukkan variabel tingkat pengetahuan dan sikap terdapat pengaruh yang signifikan terhadap metode FGD dan metode PGD. Kesimpulan : Terdapat pengaruh signifikan pada metode FGD pada variabel tingkat pengetahuan dan sikap ditunjukkan dengan p-value 0,014 dan 0,028. Terdapat pengaruh signifikan metode PGD pada variabel tingkat pengetahuan dan sikap ditunjukkan dengan p-value 0,016 dan 0,012. Kata Kunci : Metode Foccus Group Discussion (FGD), Metode Peer Group Discussion (PGD), Tingkat Pengetahuan, dan Sikap



Lampiran

[ Sampul Depan ]

File Lembar Keaslian : [ Unduh ]

File Lembar Persetujuan : [ Unduh ]

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Kata Pengantar : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File Daftar Tabel : [ Unduh ]

File Daftar Gambar : [ Unduh ]

File Daftar Lampiran : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]