Karya Tulis Ilmiah



PENGEMBANGAN MENU DITINJAU DARI KUALITAS MENU (POLA DAN VARIASI), BIAYA, NILAI GIZI DAN TINGKAT KESUKAAN PADA PENYELENGGARAAN MAKAN SIANG DI SD ISLAMIC GLOBAL SCHOOL KOTA MALANG

Prodi : Polkesma Gizi
Pengarang : VERRINA ARDIYANI
Dosen Pembimbing : Bachyar Bakri
Klasifikasi/Subjek : ,
Penerbitan : , Malang: 2015.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-25-A-
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Verrina Ardiyani, 2015. Pengembangan Menu Ditinjau Dari Kualitas Menu (Pola Dan Variasi), Biaya, Nilai Gizi Dan Tingkat Kesukaan Pada Penyelenggaraan Makan Siang Di SD Islamic Global School Kota Malang. Karya Tulis Ilmiah, Program Studi DIII Gizi Malang Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. (Dibawah bimbingan : Bachyar Bakri). SD Islamic Global School Kota Malang merupakan salah satu institusi pendidikan yang melakukan penyelenggaraan makanan untuk 238 siswanya. Penyelenggaraan makanan diolah berdasarkan standar yang ada, dalam pelaksanaannya sering dijumpai adanya keterbatasan dalam penyusunan menu makanan yang mengakibatkan kelemahan seperti rendahnya kualitas bahan makanan karena keterbatasan dana, cita rasa makanan kurang diperhatikan, makanan kurang bervariasi, susunan hidangan tidak seimbang dan porsi makanan tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas menu (pola dan variasi), biaya, nilai gizi, dan tingkat kesukaan siswa terhadap menu sebelum dan sesudah dilakukan pengembangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest. Sampel penelitian ini adalah 48 siswa dan menu makan siang yang disajikan sebanyak 5 menu selama 5 hari. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan disajikan dalam tabel, diagram dan grafik dan diberi penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan pola menu dengan kategori seimbang setelah pengembangan meningkat menjadi 60% dan variasi menu meningkat menjadi 100%. Sedangkan tingkat kesukaan dengan kategori “suka” tertinggi sesudah pengembangan menu yaitu pada menu Kari Sayur dari 37,6% menjadi 77,1% dan Cah Kacang Panjang Tauge Bakso dengan peningkatan 20,8% naik menjadi 68,8%. Peneliti menyarankan kepada pihak penyelenggara makanan untuk membuat standar resep tertulis agar cita rasa menu yang disajikan tetap sama dan melakukan evaluasi untuk mengetahui menu yang disukai atau tidak disukai siswa, serta menindaklanjuti keluhan-keluhan siswa mengenai menu yang disajikan untuk meningkatkan cita rasa dan daya terima menu. Kata kunci : Kualitas Menu (Pola dan Variasi), Pengembangan Menu, Biaya, Nilai Gizi, Tingkat Kesukaan.



Lampiran