Karya Tulis Ilmiah



FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FREKUENSI KUNJUNGAN KONSUMEN DI WARUNG MIE SETAN KOBER BAR JALAN BROMO MALANG

Prodi : POLTEKKES KEMENKES MALANG PRODI DIII GIZI
Pengarang : SARI RACHMAWATI HASAN
Dosen Pembimbing : Pembimbing I : Sri Endang Surowati, Pembimbing II : Nurul Hakimah.
Klasifikasi/Subjek : , Gizi,Konsumen
Penerbitan : , Malang: 2013.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-33-A-
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAKSI Hasan, Sari Rachmawati (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Frekuensi Kunjungan Konsumen Di Warung Mie Setan Kober Bar Jalan Bromo Malang. Karya Tulis Ilmiah, Program Studi DIII Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing I : Sri Endang Surowati, Pembimbing II : Nurul Hakimah. Rumah makan adalah suatu usaha komersial yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan makanan dam minuman untuk umum di tempat usahanya. Perkembangan dunia yang semakin maju dan modern ditambah dengan tingkat perbaikan ekonomi yang semakin tinggi disertai dengan makin banyaknya manusia yang keluar rumah untuk berbagai kesibukan menyebabkan rumah makan dapat berkembang pesat seperti sekarang ini. Salah satunya adalah Warung Mie Setan Malang yang merupakan usaha makanan yang berupa jajanan mie yang berada di lokasi strategis. Berdasarkan hasil survey pendahuluan didapatkan bahwa warung ini mampu menjual 200 porsi selama buka 8 jam dengan rata-rata tiap jam sebanyak 25 porsi. Penelitian ini dilaksanakan di Warung Mie Setan yang terletak di Jalan Bromo no. 1a Malang selama 6 hari pada bulan Februari 2013. Jenis penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan desain cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 292 responden dan pengumpulan data objektif oleh peneliti. Data tentang gambaran umum warung dan fasilitas yang dimiliki diperoleh melalui wawancara dengan pemilik warung. Data tentang gambaran umum responden meliputi usia, jenis kelamin, pekerjaan dan frekuensi kunjungan diolah secara deskriptif. Untuk melihat pengaruh antar variabel dilakukan dengan uji korelasi Spearman. Jika sig (2-tailed) < (0,05) maka H1 diterima yang berarti bahwa ada pengaruh yang bermakna antar variabel yang diuji. Jika sig (2-tailed) ≥ (0,05) maka H1 ditolak yang berarti bahwa tidak ada pengaruh yang bermakna antar variabel yang diuji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cita rasa hidangan dan harga makanan yang ditawarkan menjadi faktor yang berpengaruh terhadap frekuensi kunjungan konsumen di Warung Mie Setan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk meneliti hygiene sanitasi secara lebih rinci dan detail di Warung Mie Setan Kober Bar Jalan Bromo Malang. Kata Kunci : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Konsumen



Lampiran