Karya Tulis Ilmiah



HUBUNGAN STATUS GIZI BERDASARKAN INDIKATOR TB/U DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SDN KEDOK 01 KECAMATAN TUREN KABUPATEN MALANG

Prodi : Polkesma Gizi
Pengarang : SANTI APRILIA DAMAYANTI
Dosen Pembimbing : Hasan Aroni, SKM., MPH.
Klasifikasi/Subjek : ,
Penerbitan : , Malang: 2015.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-25-A-
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAKSI Santi Aprilia Damayanti, 2015. “Hubungan Status Gizi berdasarkan Indikator TB/U dengan Hasil Belajar Siswa SDN Kedok 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang”. (Dibawah Bimbingan : Hasan Aroni, SKM., MPH.) Dari hasil survei pendahuluan yang dilakukan di SDN Kedok 01 pada kegiatan baseline data tanggal 1 November 2014 didapat prevalensi status gizi berdasarkan indikator TB/U sebesar 27% dan hasil belajar Matematika dengan rata-rata nilai 65. Seperti yang kita ketahui jika status gizi kurang tidak segera diatasi, maka akan berdampak pada penurunan kemampuan belajar dan kemampuan kognitif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi berdasarkan indikator TB/U dengan hasil belajar siswa. Dengan tujuan khusus yaitu mengetahui status gizi siswa berdasarkan indikator TB/U, mengetahui hasil belajar siswa dan menganalisis hubungan antara status gizi berdasarkan indikator TB/U dengan hasil belajar siswa. Pengambilan data penelitian dilakukan di SDN Kedok 01 Kecamatn Turen pada 30 Juni 2015. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah sampel sebanyak 41 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Cross Sectional. Data yang diambil adalah hasil belajar siswa berupa nilai Matematika dan Bahasa Indonesia serta data TB dan umur, gambaran umum siswa dan gambaran umum sekolah. Analisis data ini menggunakan uji Chi-Square. Data kemudian diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 31 siswa (76%) memiliki status gizi (TB/U) normal dan sisanya 10 siswa (24%) termasuk dalam kategori pendek. Hasil belajar Matematika siswa, 10 siswa (24,4%) memiliki kategori nilai kurang dan 8 siswa (19,5%) memiliki kategori nilai kurang untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah dilakukan uji Chi-Square ada hubungan antara status gizi berdasarkan indikator TB/U dengan hasil belajar Matematika ditunjukkan dengan nilai p value = 0,0045 dan tidak ada hubungan antara status gizi berdasarkan indikator TB/U dengan hasil belajar Bahasa Indonesia ditunjukkan dengan nilai p value = 0,082. Berdasarkan hal tersebut diharapkan dapat dilakukan penelitian yang lebih lanjut mengenai hubungan antara status gizi berdasarkan indikator TB/U dengan mata pelajaran lainnya serta menggunakan indikator status gizi lainnya. Kata kunci : Status Gizi, Hasil Belajar.



Lampiran