Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
PERBEDAAN PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN METODE PERMAINAN (ULAR TANGGA) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG JAJANAN SEHAT SISWA KELAS 5 DI SDN NGIJO 1 KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG
Prodi | : PROGRAM STUDI DIPLOMA III GIZI |
Pengarang | : ELISA VIVI SAFITRI |
Dosen Pembimbing | : I Nengah Tanu K, DCN, SE, M.Kes |
Klasifikasi/Subjek | : , Penyuluhan, Metode Ceramah, Metode Permainan, Pengetahuan, Jajanan Sehat |
Penerbitan | : , Malang: 2017. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 0 |
Abstraksi
ABSTRAK Elisa Vivi Safitri, 2017. Perbedaan Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Dan Metode Permainan (Ular Tangga) Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Jajanan Sehat Siswa Kelas 5 Di SDN Ngijo 1. Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang. Dibimbing oleh I Nengah Tanu K, DCN, SE, M.Kes Jajanan anak sekolah merupakan masalah yang perlu diperhatikan masyarakat khususnya orang tua dan guru karena makanan jajanan ini sangat beresiko terhadap cemaran biologis atau kimiawi yang banyak mengganggu kesehatan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari anak sekolah dasar dari bahaya makanan jajanan yang tidak sehat adalah dengan memberikan edukasi atau penyuluhan gizi. Penyuluhan dapat dilakukan dengan berbagai macam metode diantaranya yaitu metode ceramah dan metode permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efetivitas kedua metode dalam meningkatkan pengetahuan tentang jajanan sehat siswa kelas 5 di SDN Ngijo 1, kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen, dengan rancangan pretest posttest control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok , yaitu kelompok yang diberi perlakuan penyuluhan dengan metode ceramah dan kelompok dengan metode permainan (ular tangga). Jumlah sampel keseluruhan yaitu 43 responden. Data yang diambil meliputi karakteristik responden dan tingkat pengetahuan jajanan sehat. Selanjutnya data diolah ditabulasi dan dianalisa dengan uji statistik. Analisis data dilakukan dengan uji Independent sample T test dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0.05) Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara metode ceramah dan permainan (ular tangga) terhadap peningkatan pengetahuan jajanan sehat (p value < 0.05). kedua metode berpengaruh siginifikan dalam meningkatkan pengetahuan siswa namun, Ditinjau dari tingkat kenaikannya, ternyata nilai rata-rata post test pada kelompok metode permainan (ular tangga) lebih tinggi peningkatannya dibandingkan kelompok ceramah. Hal ini berarti metode permainan ular tangga lebih efektif digunakan pada siswa kelas 5 di SDN Ngijo 1. Dengan meningkatnya pengetahuan jajanan sehat diharapkan responden dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam memilih jajanan yang sehat bagi tubuh. Kata Kunci : Penyuluhan, Metode Ceramah, Metode Permainan, Pengetahuan, Jajanan Sehat