Karya Tulis Ilmiah



Hubungan Pola asuh Orang tua Terhadap Perkembangan Mental Emosioal Anak Usia Pra Sekolah (4-6 tahun) di Tk Aisyiyah (ABA) 24 Malang

Prodi : PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN KEBIDANAN
Pengarang : LILA TRISTANTI
Dosen Pembimbing : udi Suharno, S. Kp., M. Kes Tri Mardiyanti, SST., M. Mid.
Klasifikasi/Subjek : , Pola Asuh, Perkembangan Mental Emosional
Penerbitan : , Malang: 2018.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Tristanti, Lila (2018). Hubungan Pola asuh Orang tua Terhadap Perkembangan Mental Emosioal Anak Usia Pra Sekolah (4-6 tahun) di Tk Aisyiyah (ABA) 24 Malang. Skripsi, Program Sarjana Terapan Kebidanan Malang, Jurusan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing I : Budi Suharno, S. Kp., M. Kes. Pembimbing II : Tri Mardiyanti, SST., M. Mid. Pola Asuh Orang tua merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh kepada pertumbuhan dan perkembangan anak. Kehadiran orang tua dalam pengasuhan di keseharian anak, akan menjadi suatu media bersosialisasi antara anak dengan orang tua, sehingga sedikit banyak akan mempengaruhi kondisi perkembangan mental emosional anak. Pola asuh yang di terapkan orang tua kepada anak, akan mempengaruhi beberapa perkembangan, salah satunya yaitu perkembangan mental emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan mental emosional anak usia pra sekolah (4-6 tahun). Metode penelitian yang digunakan adalah analitik korelasi dengan pendekatan cross setional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tuanya di TK Aisyiyah (ABA) 24 Malang sejumlah 88 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, yaitu sebanyak 72 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner pada pola asuh masalah mental emosional (KMME). Uji hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis (66,7%) tidak mengalami masalah atau gangguan mental emosional, pola asuh otoriter (18,1%) mengalami gangguan mental emosional ringan (1,4%), pola asuh permisif (15,3%) mengalami gangguan mental emosional ringan (2,8%). Melalui uji statistik Chi-square dengan α 0,05; derajat kebebasan (dk) (2), didapatkan χ2 tabel = 5,991 dan χ2 hitung = 7,903. Oleh karena χ2 hitung > χ2 tabel maka hipotesis H0 ditolak, artinya ada hubungan yang signifikasi antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan mental emosional anak di TK Aisyiyah (ABA) 24 Malang. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang diterapkan di TK Aisyiyah (ABA) 24 Malang kebanyakan menerapkan pola asuh demokratis, dan anak tidak mengalami gangguan mental emosional, salah satu faktor yang berperan penting dalam perkembangan mental emosional anak adalah pola asuh orang tua, interaksi antara orang tua dan anak akan mempengaruhi proses perkembangan anak. Diharapkan tenaga kesehatan melakukan KIE kepada orang tua, diharapkan mereka dapat memahami segala aspek yang menjadi faktor pertumbuhan dan perkembangan anak (perkembangan mental emosional) yang salah satunya adalah pola pengasuhan yang diberikan. Kata Kunci : Pola Asuh, Perkembangan Mental Emosional



Lampiran

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]