Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN PENYULUHAN GIZI SEIMBANG DENGAN PENGETAHUAN SISWA SD KELAS IV DI SDN JATISARI DESA JATISARI KECAMATAN TAJINAN KABUPATEN MALANG
Prodi | : PROGRAM STUDI DIPLOMA III GIZI |
Pengarang | : AFRIGH SUNNIA |
Dosen Pembimbing | : IBNU FAJAR |
Klasifikasi/Subjek | : , Penyuluhan, Gizi Seimbang, Pengetahuan, Siswa SD |
Penerbitan | : , Malang: 2018. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 0 |
Abstraksi
ABSTRAK AFRIGH SUNNIA, 2018. Hubungan Antara Pemberian Penyuluhan Gizi Seimbang Dengan Pengetahuan Siswa SD Kelas IV Di SDN Jatisari Desa Jatisari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Karya Tulis Ilmiah Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing: IBNU FAJAR Riset Kesehatan Dasar 2013 menunjukkan bahwa secara nasional prevalensi kurus pada anak sekolah adalah 11, %. Sedangkan prevalensi anemia pada anak usia sekolah di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun 2007 (12,8%) menjadi 26,4% pada tahun 2013. Masalah gizi tentunya bisa teratasi dengan cara pencegahan sedini mungkin. Dengan adanya penyuluhan tentang gizi seimbang dengan media booklet untuk anak Sekolah Dasar bisa meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar tersebut sehingga dari pengetahuan gizi yang didapat, anak sekolah dasar bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat mempengaruhi kebiasaan makan yang baik dan berdampak pada asupan makan anak sehingga asupan makannya dapat mempengaruhi status gizi anak tersebut.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penyuluhan tentang gizi seimbang terhadap tingkat pengetahuan kelas IV di SDN Jatisari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Metode Penelitian ini menggunakan pra ekperimental dengan One Group Pre test-Post test Design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018. Populasi penelitian ini adalah semua siswa di Sekolah Dasar Negeri Jatisari Desa Jatisari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Jatisari sejumlah 16 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu purpose sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluhan gizi seimbang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan siswa (p ; 0,00). Penyuluhan gizi seimbang meningkatkan pengetahuan siswa 27,8%. Meskipun di penelitian ini menunjukkan peningkatan pengetahuan tetapi diharapkan bagi pihak puskesmas untuk memberikan penyuluhan gizi di SDN Jatisari dan bagi Sekolah diharapkan untuk membentuk Kader Tiwisada dan dilakukannya pembinaan kepada kader tiwisada. Kata kunci : Penyuluhan, Gizi Seimbang, Pengetahuan, Siswa SD