Karya Tulis Ilmiah



PENGARUH ASSOCIATIVE PLAY TERHADAP TINGKAT STRESS PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN DI KB PAUD PERMATA BUNDA KELURAHAN KARANGBESUKI KOTA MALANG

Prodi : DIPLOMA IV Kebidanan
Pengarang : INES RATNI PRAVITASARI
Dosen Pembimbing : Didien Ika Setyarini, S.SiT., M.Keb
Klasifikasi/Subjek : , play, associative play, stress, pre-school children
Penerbitan : , Malang: 2018.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Pravitasari, Ines Ratni. 2018. Pengaruh Associative Play Terhadap Tingkat Stress Pada Anak Usia 3-5 Tahun di KB PAUD Permata Bunda Kelurahan Karangbesuki Kota Malang. Skripsi, Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Malang, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Pembimbing I: Didien Ika Setyarini, S.SiT., M.Keb, Pembimbing II: Reni Wahyu Triningsih, S.SiT., M.Kes Fenomena ketakutan lebih banyak dialami anak selama masa pra-sekolah daripada waktu lainnya. Ketakutan yang dialami anak pra sekolah dapat berupa takut berpisah. Rasa takut yang berlangsung terus menerus akan menimbulkan stress. Bermain pada anak merupakan aktivitas yang sangat penting, pemberian aktivitas bermain pada anak akan memberikan nilai terapeutik yang akan sangat berperan dalam pelepasan ketegangan dan stress pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh associative play terhadap tingkat stress pada anak usia 3-5 tahun. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan one grup pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini merupakan anak berusia 3-5 tahun yang tercatat sebagai siswa KB PAUD Permata Bunda sebanyak 27 siswa. Teknik sampling menggunakan random sampling dengan besar sample 25 siswa berusia 3-5 tahun yang tercatat sebagai siswa KB PAUD Permata Bunda dan mengalami stress. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar kuisioner School Anxiety Scale-Teacher Report (SAS-TR) dengan modifikasi dan alih bahasa. Teknik pengolahan data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dengan =0,05. Hasil penelitian menunjukkan tingkat stress anak usia 3-5 tahun sebelum associative play mengalami stress sedang sebesar 52% dan setelah associative play mengalami stress ringan sebesar 60%. Hasil analisis menunjukkan nilai  value <  (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak yang artinya ada pengaruh associative play terhadap tingkat stress pada anak usia 3-5 tahun. Berdasarkan penelitian tersebut, diharapkan associative play dapat dijadikan salah satu upaya dalam menurunkan tingkat stress pada anak usia 3-5 tahun. Kata Kunci : bermain, associative play, stress, anak pra sekolah



Lampiran

[ Sampul Depan ][ Sampul Dalam ]

File Lembar Keaslian : [ Unduh ]

File Lembar Persetujuan : [ Unduh ]

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File Daftar Tabel : [ Unduh ]

File Daftar Gambar : [ Unduh ]

File Daftar Lampiran : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]