Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
PERBEDAAN NILAI TES PENGETAHUAN MAHASISWA D-III PMIK PADA TOPIK ANALISIS KORELASI DAN REGRESI SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN STATISTIKA
Prodi | : PRODI DIII PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN |
Pengarang | : AYUNDA AURA SALSABIL |
Dosen Pembimbing | : Achmad Zani Pitoyo, M. Kes., MMRS. |
Klasifikasi/Subjek | : , Nilai tes mahasiswa, modul pembelajaran statistika, SIK I, analisis regresi dan korelasi. |
Penerbitan | : , Malang: 2019. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 0 |
Abstraksi
ABSTRAK Ayunda Aura Salsabil. 2019. Perbedaan Nilai Tes Pengetahuan Mahasiswa D-III PMIK pada Topik Analisis Korelasi dan Regresi Sebelum dan Sesudah Penerapan Modul Pembelajaran Statistika. D-III Perekam Medis dan Informasi Kesehatan. Pembimbing: Achmad Zani Pitoyo, M. Kes., MMRS. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 377/Menkes/SK/III/2007 menjelaskan bahwa salah satu kompetensi perekam medis adalah “Statistik Kesehatan” dimana salah satu unit kompetensi ini adalah “melakukan analisis statistik sederhana” seperti analisis korelasi dan regresi. Permasalahan yang muncul adalah mahasiswa kurang memahami baik materi maupun praktikum analisis korelasi dan regresi dengan aplikasi SPSS pada matakuliah SIK I. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh modul pembelajaran statistika dengan nilai tes pengetahuan mahasiswa mengenai analisis korelasi dan regresi pada mahasiswa D-III PMIK tingkat I. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pra-Experimental Design One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 152 mahasiswa D-III PMIK tingkat I. Sampel yang dipilih sebanyak 42 mahasiswa yang sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil penerapan modul pembelajaran statistika menunjukkan peningkatan dari nilai mutu E menjadi B+ dengan rata-rata nilai 71.67 dan nilai terbanyak yang diperoleh adalah 75. Hasil uji statistik dengan paired t-test menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara nilai pre-test yaitu 22.74 dengan post-test yaitu 71.67 dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05. Kesimpulannya, terdapat perbedaan antara nilai pre-test dengan post-test mengenai analisis korelasi dan regresi mahasiswa D-III PMIK tingkat I. Saran yang diberikan peneliti antara lain pengembangan teknik/ metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif, pemberlakukan kontrol/ pemantauan pada saat pengambilan nilai tes untuk meminimalisir ketidakakuratan nilai tes mahasiswa, serta evaluasi dan pengembangan modul pembelajaran yang telah disusun. Kata Kunci: Nilai tes mahasiswa, modul pembelajaran statistika, SIK I, analisis regresi dan korelasi.