Karya Tulis Ilmiah



PEMBUATAN DAN IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN RESELEKSI DIAGNOSIS UTAMA (RULE MB) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DIII PMIK POLTEKKES KEMENKES MALANG

Prodi : POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES MALANG
Pengarang : IRMA JAZILAH
Dosen Pembimbing : Achmad Zani Pitoyo, MMRS.
Klasifikasi/Subjek : , Video Pembelajaran, Reseleksi Diagnosis Utama, Hasil Belajar
Penerbitan : , Malang: 2019.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Irma Jazilah, 2019. Pembuatan dan Implementasi Video Pembelajaran Reseleksi Diagnosis Utama (Rule MB) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa DIII PMIK Poltekkes Kemenkes Malang. Laporan Tugas Akhir, Program Studi DIII Perekam Medis dan Informasi Kesehatan, Jurusan Kesehatan Terapan. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing; Achmad Zani Pitoyo, MMRS. Reseleksi Diagnosis Utama (Rule MB) merupakan salah satu materi penunjang dalam mata kuliah Klasifikasi dan Kodefikasi Penyakit, Masalah-masalah yang Berkaitan dengan Kesehatan dan Tindakan Medis (KKPMT) di Prodi DIII PMIK Poltekkes Kemenkes Malang. Permasalahan berdasarkan kuesioner dan soal studi pendahuluan yang disebar kepada mahasiswa, didapatkan hasil mahasiswa kurang memahami materi Rule MB. Untuk menangani permasalahan tersebut, peneliti membuat suatu alternatif lain dalam penyampaian materi dengan media video. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara mahasiswa kelas 1A (kelompok eksperimen) dan mahasiswa kelas 1B (kelompok kontrol). Dalam penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan pendekatan static group comparison yaitu dengan membandingkan nilai posttest antar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel terdiri dari 98 mahasiswa Prodi DIII PMIK angkatan 2018 yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas 1A sebagai kelompok eksperimen dan kelas 1B sebagai kelompok kontrol. Cara pengumpulan data dengan soal posttest dan kuesioner uji user TAM. Hasil rata-rata kelompok eksperimen 85,8408, kelompok kontrol 85,0000 dan dari hasil uji statistik dengan Independent Sample T-Test didapatkan Sig (2-Tailed) sebesar 0,639 > 0,05 artinya tidak ada perbedaan antara rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas 1A (kelompok eksperimen) dengan rata-rata hasil belajar kelas 1B (kelompok kontrol). Saran yang dapat diberikan yaitu pada produk video pembelajaran dilakukan pengembangan penjelasan. Kata kunci : Video Pembelajaran, Reseleksi Diagnosis Utama, Hasil Belajar



Lampiran

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Kata Pengantar : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]