Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
PERBEDAAN PENGETAHUAN, SIKAP SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN PESAN GIZI SEIMBANG DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS IV SDI NU KLOJEN KIDUL KOTA MALANG
Prodi | : PROGRAM STUDI DIPLOMA III GIZI |
Pengarang | : AYU SUSI ERLINDA |
Dosen Pembimbing | : I Dewa Nyoman Supariasa. |
Klasifikasi/Subjek | : , penyuluhan, gizi, pengetahuan, sikap, permainan ular tangga |
Penerbitan | : , Malang: 2019. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 0 |
Abstraksi
ABSTRAK AYU SUSI ERLINDA 2019, Perbedaan Pengetahuan, Sikap Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan Pesan Gizi Seimbang Dengan Media Permainan Ular Tangga Pada Siswa Kelas IV SDI NU Klojen Kidul Kota Malang. Pembimbing I Dewa Nyoman Supariasa. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa kelas IV tentang gizi seimbang melalui pembelajaran gizi seimbang dengan menggunakan media permainan ular tangga. Penelitian ini termasuk penelitian Pre Experimental dengan menggunakan metode penelitian one group pre-test dan post-test desain. Penelitian ini melakukan intervensi terhadap subjek yaitu pemberian materi tentang pesan gizi seimbang dengan media permainan ular tangga pada anak SD dan rancangan ini tidak menggunakan kelompok pembanding (kontrol), dilakukan pengukuran atau observasi dengan Pre-test dan Post-test yang memungkinkan peneliti dapat menguji perubahan yang terjadi setelah adanya intervensi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) tingkat pengetahuan responden tentang pesan gizi seimbang sebelum pendidikan dalam kategori kurang dengan skor rata-rata 51,4%. 2) tingkat pengetahuan responden tentang pesan gizi seimbang sesudah pendidikan dalam kategori baik dengan skor rata-rata 80,2%. 3) skor sikap responden tentang pesan gizi seimbang sebelum pendidikan dalam kategori kurang dengan skor rata-rata 58,6%. 4) skor sikap responden tentang pesan gizi seimbang sesudah pendidikan dalam kategori baik dengan skor rata-rata 80,2%. 5) terdapat perbedaan yang signifikan pada skor rata-rata pengetahuan responden setelah pendidikan terhadap sebelum pendidikan pada α 0,05. 6) terdapat perbedaan yang signifikan pada skor rata-rata sikap responden setelah pendidikan terhadap sebelum pendidikan pada α 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh pendidikan gizi seimbang dengan media permainan ular tangga terhadap pengetahuan dan sikap pada siswa kelas IV di SDI NU Klojen Kidul. Kata kunci : penyuluhan, gizi, pengetahuan, sikap, permainan ular tangga