Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
ANALISIS PELABELAN DAN KLAIM PADA KEMASAN SERTA IKLAN PRODUK PENURUN BERAT BADAN
Prodi | : PROGRAM STUDI DIPLOMA III GIZI |
Pengarang | : ELIKA CARISSA PUTRI |
Dosen Pembimbing | : Theresia Puspita, STP, MP |
Klasifikasi/Subjek | : , GIZI |
Penerbitan | : , Malang: 2020. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
ABSTRAK Elika Carissa Putri (1603000100). Analisis Pelabelan dan Klaim Produk Penurun Berat Badan. Karya Tulis Ilmiah, Program Studi Diploma III Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. 2020. (Dibawah bimbingan: Theresia Puspita, STP, MP) Diet yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab utama penyakit tidak menular. Hal ini ditunjukkan dengan kebiasaan konsumsi pangan yang tidak seimbang, seperti tinggi lemak, tinggi gula, tinggi garam dan rendah serat. Kebiasaan konsumsi yang tidak sehat salah satunya dapat menyebabkan berat badan lebih (overweight) bahkan sampai obesitas. Penlitian ini bertujuan untuk menganalisis label pangan dan klaim yang terdapat pada kemasan dan iklan produk penurun berat badan. Variabel yang dianalisis di dalam penelitian ini adalah produk penurun berat badan, unsur label seperti informasi yang dicantumkan pada label, dan klaim yang terdapat pada kemasan dan iklan. Label pangan yang dianalisis adalah label pangan yang terdapat pada kemasan produk penurun berat badan yang dijual pada media sosial. Iklan yang diambil adalah iklan yang terdapat pada pemasaran produk di media sosial. Label pangan dan iklan dievaluasi dengan Peraturan Pemerintah No. 69 Tahun 1999 dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 12 produk yang dianalisis belum ada yang sepenuhnya mengikuti peraturan yang berlaku. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadikan konsumen untuk menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih produk dengan tetap memperhatikan lebih lagi pada label-label kemasan dan tidak mudah terpengaruh iklan yang terkadang mengecoh. Kata Kunci : Analisis, Produk Penurun Berat Badan, Klaim, Iklan, Perlindungan Konsumen