Karya Tulis Ilmiah



EFEKTIVITAS TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN IBU DALAM MEMBERIKAN STIMULASI PERKEMBANGAN PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK ISLAM KYAI AGENG MASRANGI KOTA MALANG

Prodi : SARJANA TERAPAN KEBIDANAN
Pengarang : ROSIDA MAULIDINI
Dosen Pembimbing : Ita Yuliani. SST.,M.Keb
Klasifikasi/Subjek : , KEBIDANAN
Penerbitan : , MALANG: 2019.
Bahasa : INDONESIA
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 1

Abstraksi

ABSTRAK Maulidini, Rosida. 2019. Efektivitas Terapi Aktivitas Kelompok terhadap Kemampuan Ibu dalam Memberikan Stimulasi Perkembangan pada Anak Prasekolah di TK Islam Kyai Ageng Masrangi Kota Malang. Skripsi, Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Malang, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Pembimbing I : Jupriyono, S.Kp., M.Kes, Pembimbing II : Herawati Mansur, SST., M.Pd., M.Psi. Tahapan perkembangan pada usia anak prasekolah disebut juga sebagai masa keemasan (the golden age) disertai terjadinya pematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon dari berbagai aktivitas yang terjadi di lingkungan. Pemberian stimulasi merupakan faktor yang berpengaruh dalam upaya mengembangkan kemampuan yang dimiliki anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi aktivitas kelompok terhadap kemampuan ibu dalam memberikan stimulasi perkembangan pada anak prasekolah. Desain penelitian ini adalah Pra-Eksperimen dengan pendekatan One Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia prasekolah sejumlah 26 orang di TK Islam Kyai Ageng Masrangi Kota Malang. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi, didapatkan 20 ibu yang memiliki anak usia 48-72 bulan. Pengambilan data dilakukan dengan membagi menjadi 2 kelompok berisi 10 orang dan diberikan terapi aktivitas kelompok selama 30-45 menit. Kemudian tingkat kemampuan diukur menggunakan lembar observasi SDIDTK Kementerian Kesehatan tahun 2016 kemudian data diolah dan dianalisis menggunakan analisa statistik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan nilai hitung p value < (0,000 < 0,05) yang artinya Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terapi aktivitas kelompok bisa menjadi upaya dalam meningkatkan kemampuan Ibu dalam memberikan stimulasi perkembangan pada anak prasekolah sebab melalui terapi aktivitas kelompok terjadi dinamika interaksi kelompok berlatih perilaku baru yang adaptif untuk memperbaiki perilaku yang maladaptive sehingga menjadikan Ibu mampu dan percaya diri dalam memberikan stimulasi perkembangan. Dengan demikian tenaga kesehatan diharapkan dapat menjadikan terapi aktifvitas kelompok sebagai pilihan dalam memberikan pendidikan kesehatan pada Ibu mengenai stimulasi perkembangan. Kata Kunci : terapi aktivitas kelompok, stimulasi perkembangan anak prasekolah



Lampiran

[ Sampul Depan ]

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Kata Pengantar : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]