Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
GAMBARAN KEMAMPUAN ORANG TUA DALAM STIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DENGAN METODE FINGER PAINTING PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK DHARMA BAKTI KOTA MALANG
Prodi | : DIII KEPERAWATAN |
Pengarang | : ULLY RISNA INDRAYANI |
Dosen Pembimbing | : Dr. Ni Luh Putu Eka,S.Kp.M.Kes |
Klasifikasi/Subjek | : , KEPERAWATAN ,FINGER PAINTING |
Penerbitan | : , Malang: 2020. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
ABSTRAK Ully Risna Indrayani (2020). Gambaran Kemampuan Orang Tua Dalam Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Dengan Metode Finger Painting Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Dharma Bakti Kota Malang. Karya Tulis Ilmiah Studi Kasus, Program Studi D-III Keperawatan Malang, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing Dra. Swito Prastiwi, M.Kes. Finger painting merupakan kegiatan untuk membantu meningkatkan perkembangan motorik halus anak. Menurut WHO (2010) dalam data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2012) sebanyak 5-25% anak usia prasekolah mengalami gangguan perkembangan pada motorik halusnya. Di TK Dharma Bakti pada November 2019 terdapat 4 dari 22 anak yang mengalami gangguan pada motorik halusnya. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan orang tua dalam stimulasi perkembangan motorik halus dengan metode finger painting pada anak usia prasekolah. Desain penelitian studi kasus ini menggunakan deskriptif studi kasus yang pengumpulan datanya menggunakan metode observasi dan wawancara. Pada pertemuan pertama didapati subjek tidak mengetahui sama sekali tentang metode finger painting untuk perkembangan motorik halus yang menunjukkan hasil 0% yang masuk dalam kategori kurang/tidak mampu. Setelah peneliti memberikan pendidikan kesehatan, terdapat peningkatan kemampuannya secara bertahap sampai dengan pertemuan terakhir 78,94% (observasi) dan 90,90% (wawancara) yang masuk dalam kategori baik/mampu. Direkomendasikan bagi responden untuk mengajak anak sambil bercerita dan bernyanyi untuk mengatasi kebosanan, bagi guru untuk membuat kelompok kecil dalam kegiatan serta bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti tentang pengaruh kemampuan orang tua dalam melakukan finger painting terhadap inovasi dan kreativitas anak. Kata kunci: Kemampuan, Orang Tua, Stimulasi Motorik Halus, Finger Painting