Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
PENGETAHUAN DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN LAYANAN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS SRENGAT (2022)
Prodi | : PRODI D3 ASURANSI KESEHATAN |
Pengarang | : Silfia Kumil Laila Namiroh |
Dosen Pembimbing | : Ngesti W. Utami,S.Kp.,M.Pd. |
Klasifikasi/Subjek | : , Kesehatan |
Penerbitan | : , Malang: 2022. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Kata Kunci : Pengetahuan, Persepsi, Pemanfaatan BPJS Kesehatan, Puskesmas pengetahuan adalah proses belajar mengenai kebenaran untuk mengetahui apa yang harus diketahui untuk dilakukan. pengetahuan didapatkan dari suatu nilai yang membiasakan orang tersebut mengembangkan rasa ingin tahunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan dan persepsi masyarakat terhadap pemanfaatan layanan BPJS Kesehatan di Puskesmas Srengat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif (survei deskriptif). Objek dalam penelitian ini 44 responden dari peserta JKN yang telah mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Srengat. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian pengetahuan dan persepsi masyarakat terhadap pemanfaatan layanan BPJS Kesehatan di Puskesmas Srengat mayoritas responden memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan sebanyak 33 responden (75%), responden dengan kategori pengetahuan cukup baik sebanyak 33 responden (75%), responden memiliki persepsi positif sebanyak 26 responden (59,1%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Apabila pelayanan kesehatan yang diberikan oleh puskesmas kepada peserta JKN baik, maka akan semakin bertambah pula peserta yang memanfaatkan BPJS, namun jika pelayanan kesehatan yang diberikan kurang memadai maka akan berkurang juga peserta JKN yang memanfaatkan layanan BPJS, Semakin tinggi pengetahuan responden terhadap BPJS Kesehatan maka akan semakin banyak pula yang memanfaatkan BPJS sebagai jaminan kesehatannya, Responden sudah memandang positif terhadap adanya program JKN yang mampu memberikan kemudahan dan keuntungan bagi responden. Persepsi yang baik mengenai JKN akan mendorong masyarakat dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian, Puskesmas Srengat dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat.
Lampiran
[ Sampul Depan ][ Sampul Dalam ]
File Lembar Keaslian : [ Unduh ]
File Lembar Persetujuan : [ Unduh ]
File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]
File Abstraksi : [ Unduh ]
File Kata Pengantar : [ Unduh ]
File Daftar Isi : [ Unduh ]
File BAB-1 : [ Unduh ]
File BAB-2 : [ Unduh ]
File BAB-3 : [ Unduh ]
File BAB-5 : [ Unduh ]
File Daftar Pustaka : [ Unduh ]
File Lampiran : [ Unduh ]