Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
STUDI LITERATUR : GAMBARAN KARAKTERISTIK PESERTA JKN YANG MEMANFAATKAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS
Prodi | : D3 ASURANSI KESEHATAN |
Pengarang | : Mifta Dyah Maylina |
Dosen Pembimbing | : Rizki Mustika Riswari, S.ST, MPH |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2021. |
Bahasa | : Bahasa Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Latar Belakang :.Terdapat beberapa karakteristik seseorang dalam memanfatkan pelayanan kesehatan di puskesmas yaitu umur,pendidikan,pekerjaan dan pengetahuan.Keempat karakteristik tersebut dapat memeberikan dampak yang negatif dan positif terhadap tempat pelayanan kesehatan. Tujuan Penelitian : Mengidentifikasi karakteristik apa saja yang berpengaruh terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan pada peserta JKN. Faktor faktor tersebut meliputi umur,pendidikan,pekerjaan,pengetahuan. Metode : Penelitian yang digunakan yaitu dengan mengunakan metode Literatur Review engan sistem Traditional Review yaitu metode tinjauan pustaka yang selama ini umum dilakukan oleh para peneliti, dan hasilnya banyak kita temukan pada survey paper yang ada. Hasil: Enam artikel yang memenuhi kritria inklusi semuanya telah menyajikan tentang karakteristik peserta dan pemanfaatan pelayanan kesehatan di puskemas. Jurnal yang digunakakn sebagian besar merupakan penelitian dengan deskriptif kuantitatif dan rata –rata mengunakan metode crooss-sectional ,sampel yang terdapat dari beberapa artikel berjumlah lebih dari seratus responden,dengan waktu penelitian yang digunakan sekitar 2-5 bulan.,secara keseluruhan setiap penelitian membahas tentang karakteristik peserta JKN dalan pemanfaatan pelayanan di puskesmas Kesimpulan: Dengan mengunakan metode traditional review mengasilkan bahwa terdapat hubungan karakteristik yang terdiri dari umur, pendidikan, pengetahuan dan pekerjaan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di puskesmas. Saran: meningkatkan lagi sosialisasi mengenai progam BPJS Kesehatan kepada seluruh masyarakat agar masyarakat lebih bisa mengoptimlakan dalam menggunakan pelayanan kesehatan,membentuk kader kesehatan yang bertujuan untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat dan mempermudah masyarakat yang memiliki keterbasan mengakses tempat layanan kesehatan dan untuk mengontrol masyarakat di sekitar wilayah kesehatan.
Lampiran
[ Sampul Depan ]
File Lembar Persetujuan : [ Unduh ]
File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]
File Abstraksi : [ Unduh ]
File Kata Pengantar : [ Unduh ]
File Daftar Isi : [ Unduh ]
File Daftar Tabel : [ Unduh ]
File Daftar Gambar : [ Unduh ]
File BAB-1 : [ Unduh ]
File BAB-2 : [ Unduh ]
File BAB-3 : [ Unduh ]
File BAB-5 : [ Unduh ]
File Daftar Pustaka : [ Unduh ]