Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA JKN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN FARMASI PUSKESMAS GUNTUR 1 KABUPATEN DEMAK
Prodi | : D3 ASURANSI KESEHATAN |
Pengarang | : Ade Firda Strinaricwari |
Dosen Pembimbing | : dr. Muzzamil, MMRS |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2021. |
Bahasa | : Bahasa Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Kepuasan pasien adalah perasaan senang atau kecewa seorang pasien yang muncul setelah membandingkan antara kesan terhadap hasil dan harapan-harapannya. Apabila hasil yang dirasakan pasien sama atau melebihi harapannya, maka akan timbul perasaan puas dan begitu pula sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien peserta JKN rawat jalan terhadap pelayanan farmasi Puskesmas Guntur 1 Kabupaten Demak. Metode yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini yaitu 95 responden dari peserta JKN yang mendapat pelayanan farmasi di Puskesmas Guntur 1 Kabupaten Demak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengisi kuesioner. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien peserta JKN rawat jalan terhadap pelayanan farmasi Puskesmas Guntur 1 Kabupaten Demak dengan lima dimensi yaitu Reliability pasien puas (97,9%), Responsiveness pasien puas (92,6%), Assurance pasien puas (94,7%), Emphaty pasien puas (95,8%), Tangible pasien puas (96,8%). Kesimpulan dari penelitian ini mayoritas pasien merasa puas terhadap pelayanan farmasi di Puskesmas Guntur 1 Kabupaten Demak. Berdasarkan hasil penelitian, Puskesmas Guntur 1 Kabupaten Demak dapat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada pasien.