Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
EVALUASI REALIST TENTANG KEBIJAKAN KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN DI PUSKESMAS MUNJUNGAN
Prodi | : D3 ASURANSI KESEHATAN |
Pengarang | : YENI KARMILA PUTRI |
Dosen Pembimbing | : Puguh Priyo Widodo, Amd.RMIK, S.Si, SKM, MMRS. |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2021. |
Bahasa | : Bahasa Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Upaya peningkatan mutu layanan kesehatan dapat dilihat berdasarkan angka kepuasan yang dihasilkan dari fasilitas kesehatan dan peserta JKN-KIS. Berdasarkan data BPJS Kesehatan, dilaporkan bahwa indeks kepuasan peserta JKN- KIS tahun 2019 sebesar 85% dan 80%. Dalam rangka meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan program JKN, telah disahkan beberapa kebijakan yaitu Pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan. Puskesmas Munjungan merupakan Provider BPJS Kesehatan namun Puskesmas Munjungan belum pernah dilakukan evaluasi tentang KBK. Tujuan studi kasus ini adalah untuk mengetahui evaluasi capaian peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembayaran Kapitasi Berbasis Kinerja Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Puskesmas Munjungan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan pendekatan realist evaluation. Data hasil wawancara atau data kualitatif dianalisis dengan model CMO (Context-Mechanism-Outcome). Hasil Penelitian kualitatif pada 4 narasumber menunjukkan bahwa Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan sudah berjalan di Puskesmas Munjungan namun dalam pelaksanaannya masih ada indikator yang belum tercapai yaitu angka kontak dan prolanis terkendali untuk rasio rujukan non spesialistik relatif tercapai hal tersebut disebabkan karena dampak pandemic covid-19 yang menyebabkan turunnya jumlah kunjungan dan ditiadakannya kegiatan prolanis. Kesimpulan dari penelitian studi kasus ini adalah belum semua target KBK di Puskesmas Munjungan tercapai. Masih ada indikator yang belum mencapai target seperti angka kontak dan prolanis. Dari segi SDM Kesehatan, Anggaran, fasilitas kesehatan ditunjang denga peralatan yang memadai karena Puskesmas Munjungan telah BLUD sehingga dapat meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan.