Karya Tulis Ilmiah



PENGARUH PENYULUHAN TENTANG GIZI SEIMBANG ANAK SEKOLAH DENGAN MEDIA GAME PUZZLE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIDORAHAYU 2

Prodi : PROGRAM STUDI DIPLOMA III GIZI
Pengarang : Vera Chris Agustina
Dosen Pembimbing : Ir. AAG. Anom Aswin., MPS
Klasifikasi/Subjek : , Penyuluhan tentang Gizi Seimbang Anak Sekolah, Media Game Puzzle, Tingkat Pengetahuan
Penerbitan : , Malang: 2019.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

PENGARUH PENYULUHAN TENTANG GIZI SEIMBANG ANAK SEKOLAH DENGAN MEDIA GAME PUZZLE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIDORAHAYU 2 Vera Chris Agustina Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang Vera84250@gmail.com Abstrak: Kelompok anak usia sekolah (7-12 tahun) merupakan kelompok rentan gizi yang paling mudah mengalami kelainan gizi bila kekurangan suplai bahan makanan. Berbagai cara untuk menyadarkan masyarakat tentang gizi yaitu melalui penyuluhan gizi. Metode pendidikan kesehatan merupakan setiap cara, teknik, maupun media yang terencana yang diterapkan berdasarkan prinsip-prinsip yang dianut. Desain perubahan pengetahuan tentang gizi seimbang anak sekolah secara terencana sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan tindakan terhadap gizi seimbang, salah satunya adalah permainan game puzzle. Permainan ini memuat 11 pedoman umum gizi seimbang anak sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penyuluhan tentang gizi seimbang anak sekolah dengan media game puzzle terhadap tingkat pengetahuan pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sidorahayu 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional dengan rancangan One-Group Pre Test – Post Test Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa/siswi Sekolah Dasar Negeri Sidorahayu 2 yang berjumlah 292 orang, teknik pengambilan sampel adalah Purposive sampling dengan jumlah sampel 36 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisoner yang diberikan kepada responden sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media game puzzle. Analisis data menggunakan uji Mc Nemar. Hasil penelitian, tidak ada pengaruh penyuluhan tentang gizi seimbang anak sekolah dengan media game puzzle terhadap tingkat pengetahuan pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sidorahayu 2, yaitu pengetahuan p value (0.219) > (0.05). Kata kunci: Penyuluhan tentang Gizi Seimbang Anak Sekolah, Media Game Puzzle, Tingkat Pengetahuan



Lampiran

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]