Karya Tulis Ilmiah



HUBUNGAN PEER EDUCATION DENGAN MOTIVASI REMAJA PUTRI DALAM MENGONSUMSI TABLET FE

Prodi : SARJANA TERAPAN KEBIDANAN
Pengarang : ADINDA DWI ZHEZARIA
Dosen Pembimbing : Ika Yudianti,S.ST.,M.Keb
Klasifikasi/Subjek : , KEBIDANAN
Penerbitan : , Malang: 2020.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 1

Abstraksi

ABSTRAK Zhezaria, Adinda Dwi. 2020. Hubungan Peer Education Dengan Motivasi Remaja Putri Dalam Mengonsumsi Tablet Fe. Program Sarjana Terapan Kebidanan Malang. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing Utama Sri Rahayu,S.Kp.,Ners.,M.Kes. Pembimbing Pendamping Desy Dwi Cahyani,S.ST.,M.Kes Latar Belakang : anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Anemia sangat rentan dialami oleh kaum perempuan khususnya remaja putri. Anemia pada remaja putri dapat menurunkan daya tahan tubuh, kebugaran, prestasi belajar, dan dalam jangka panjang dapat berpengaruh terhadap kehamilan, serta dapat meningkatkan risiko Pertumbuhan Janin Terhambat (PJT), prematur, BBLR, stunting dan gangguan neurokognitif. Hal tersebut disebabkan karena terjadnya menstruasi sehingga tubuh kehilangan sebagian besar darah. Pemerintah telah melakukan upaya pencegahan anemia dengan melakukan program pemberian tablet Fe kepada remaja putri dan WUS sebanyak 52 butir dalam setahun. Akan tetapi, sebanyak 98,6% remaja putri tidak mengkonsumsi tablet Fe sebanyak 52 butir dalam setahun, dan hanya 1,4% remaja putri yang mengkonsumsi tablet Fe sebanyak 52 butir dalam setahun. Peer Education merupakan suatu metode pembelajaran yang melibatkan teman sebaya dalam proses belajar. Peer Education diharapkan dapat memberi pengaruh positif seperti motivasi, sikap, dan perilaku bagi teman sebaya yang berada dalam sebuah kelompok belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Peer Education terhadap motivasi remaja putri dalam mengonsumsi tablet Fe. Metode: Metode yang digunakan adalah literatur review yang didapatkan dari 4 database yaiu PubMed, Google Scolar, DOAJ, Garuda dengan menggunakan kriteria inklusi remaja putri yang sehat secara fisik dan mental, serta kriteria ekslusi Remaja putri dengan cacat fisik, pacaindera (bisu, tuli, buta) dan cacat mental (autis, syndrome down, dll) Kata kunci yang digunakan dalam pencarian literatur: “Peer Education”,”Motivasi Mengonsumsi Tablet Fe”, Hasil dan Analisis:Pada hasil pencarian didapatkan 10 jurnal yang memenuhi kriteria inklusi dimana terdapat 2 jurnal internasional dan 8 jurnal nasional yang membahas tentang metode pembelajaran “Peer Education” dengan motivasi remaja Diskusi dan Kesimpulan: dari 10 jurnal yang telah didapatkan, seluruh hasil penelitian mengatakan, metode pembelajaran Peer Education, memiliki dampak positif bagi rekan sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar serta terdapat Hubungan antara Peer Education Tehadap Motivasi Remaja Putri dalam Mengonsumsi Tablet Fe Kata Kunci: Peer Education, Motivasi



Lampiran

[ Sampul Depan ]

File Lembar Persetujuan : [ Unduh ]

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Kata Pengantar : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]