Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
PENGARUH METODE EDUKASI DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI TPQ AR-ROHMAT DS. SEMANDING KEC. SEMANDING KAB. TUBAN
Prodi | : SARJANA TERAPAN PROMOSI KESEHATAN |
Pengarang | : DWI VERA MAYSAROH |
Dosen Pembimbing | : (Utama) Fiashriel Lundy, S.Kep.Ns.,M.Kes (Pendamping) Jupriyono, S.Kp.,M.Kes |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2021. |
Bahasa | : Bahasa Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Upaya pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 salah satunya dengan Edukasi. Edukasi pada anak dapat menggunakan media permainan. Media ular tangga juga dapat dijadikan sebagai salah satu media alternatif untuk memberikan edukasi pada anak-anak untuk meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19. Mengetahui Pengaruh Metode Edukasi dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan tentang Upaya Pencegahan COVID-19 pada Anak Usia Sekolah Dasar di TPQ Ar-Rohmat DS. Semanding Kec. Semanding Kabupaten Tuban. Jenis penelitian ini yang digunakan penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi exsperiment), rancangan penelitian menggunakan pre-test and post-test group. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2021 – 31 Maret 2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri usia 7 sampai 8 tahun TPQ Ar-Rohmat yang berjumlah 30 santri. Data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan Uji Paired Sample T Test. diperoleh nilai Mean pengetahuan santri pada kelompok eksperimen pada pre test sebesar 8,13 standar deviasi 1,727 setelah diintervensi dengan permainan ular tangga nilai Meannya 13,33 standar deviasi 1,447. Perubahan pengetahuan kelompok eksperimen signifikan dengan nilai sig. kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Hα diterima artinya ada pengaruh Metode Edukasi dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan tentang Upaya Pencegahan COVID-19 pada Anak Usia Sekolah Dasar.Terdapat pengaruh metode edukasi permainan ular tangga terhadap pengetahuan tentang upaya pencegahan COVID-19.