Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
GAMBARAN BERMAIN PADA ANAK DIMASA PANDEMI COVID-19
Prodi | : DIPLOMA III KEPERAWATAN |
Pengarang | : Muhammad Arief |
Dosen Pembimbing | : Eddi Sudjarwo, S. Kep., Ns., M. Kep. |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2021. |
Bahasa | : Bahasa Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Pendahuluan: Dengan adanya pandemi dan pembatasan interaksi sosial atau sosial distancing banyaknya negara yang mengalami berbagai masalah perkembangan anak seperti keterlambatan motorik, emosi, bahasa, dan perilaku. Dari banyak penelitian di berbagai Negara juga mengulas tentang gambaran bermain anak dimasa pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi kemampuan aktifitas fisik dan emosi anak di masa pandemi covid-19. Metode: Penelitian ini menggunakan studi literature dengan teknik pengumpulan data dari jurnal nasional dan internasional yang diperoleh melalui database PubMed, Science Direct, dan Google Scholar sesuai dengan konsep yang di ambil peneliti. Hasil: Dari penelitian yang telah dilakukan dari berbagai negara menunjukkan bahwa anak mengalami keterbatasan dalam beraktivitas fisik dan ketidakstabilan emosi pada anak dimasa pandemi covid-19 dengan berbagai macam faktor. Kesimpulan: Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hampir seluruh anak diberbagai negara mengalami keterbatasan aktivitas bermain pandemi covid-19. Faktor penyebab keterbatasan aktivitas pada anak menurunnya kemampuan motorik dan emosi salah satunya dikarenakan adanya peraturan pemerintah tentang pembatasan sosial disetancing dimasa pandemi covid-19. Akibatnya aktivitas anak di luar ruangan tidak memiliki fasilitas bermain yang mendukung untuk meningkatkan aktivitas fisik dan kemampuan anak beraktivitas. Sedangkan jika anak bermain didalam ruangan faktor utama penyebab penurunan aktivitas pada anak adalah orang tua anak yang tidak mampu mendukung perkembangan anak, hal tersebut secara langsung