Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Psikososial Prasekolah di TK DHARMA WANITA PERSATUAN 05 BANGIL
Prodi | : SARJANA TERAPAN KEPERAWATAN MALANG |
Pengarang | : ATHIYYATUL QOYYIMAH |
Dosen Pembimbing | : Utama: Rossyana Septyasih,S.Kp.,M.Pd, Pendamping: Dr. Farida Halis D.K, S.Kp.,M.Pd |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2021. |
Bahasa | : INDONESIA |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Usia prasekolah (3-6 tahun) merupakan golden age pada masa tumbuh kembang anak dimana pada usia ini anak memiliki kesempatan yang besar dalam mengembangkan potensi dalam dirinya. Salah satu faktor yang yang dapat mempengaruhi perkembangan psikososial anak adalah intensitas penggunaan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial prasekolah di TK DHARMA WANITA PERSATUAN 05 BANGIL. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional dengan rancangan cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yang menghasilkan jumlah sampel sebanyak 35 anak dimana responden pada penelitian ini adalah orang tua dan anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK DHARMA WANITA PERSATUAN 05 BANGIL. Instrumen yang digunakan untuk mengukur perkembangan psikososial anak prasekolah adalah Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) yang telah di modifikasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden dengan intensitas penggunaan gadget kategori tinggi (60%) dan memiliki perkembangan yang cukup dengan kategori sosialisasi dan kemandirian (71,5%) dan Dampak negatif penggunaan gadget sebesar (68,6%).Hasil analisis uji korelasi Spearment Rank adalah p-value 0.736 dengan nilai korelasi koefisien sebesar -0.059. Nilai tersebut menunjukkan adanya hubungan yang negatif dengan kekuatan hubungan kuat antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial anak prasekolah,yang memiliki makna tingginya intensitas penggunaan gadget pada anak tidak mempengaruhi perkembangan psikososial pada anak prasekolah karena hasil yang di tunjukkan adalah sebagian besar perkembangan anak pada rentang cukup meskipun memiliki intensitas penggunaan gadget yang tinggi.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Tidak ada hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial anak prasekolah. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menganalisis lebih dalam mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi anak dalam menggunakan gadget,faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi durasi dan frekuensi dalam penggunaan gadget pada anak usia prasekolah.
Lampiran
[ Sampul Depan ][ Sampul Dalam ]
File Lembar Keaslian : [ Unduh ]
File Lembar Persetujuan : [ Unduh ]
File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]
File Abstraksi : [ Unduh ]
File Kata Pengantar : [ Unduh ]
File Daftar Isi : [ Unduh ]
File BAB-1 : [ Unduh ]
File BAB-2 : [ Unduh ]
File BAB-3 : [ Unduh ]
File BAB-5 : [ Unduh ]
File Daftar Pustaka : [ Unduh ]
File Lampiran : [ Unduh ]